5 Hobi Sederhana yang Bisa Mengasah Kecerdasan Seseorang, Coba dan Latihan Terus Sampe Bisa!

5 hobi sederhana yang bisa mengasah kecerdasan seseorang. Coba dan latihan terus sampe bisa!

Sebenarnya ada beberapa hobi yang kalo kita geluti bisa bikin kita cerdas. Hobi berhitung atau membaca buku juga bisa bikin kita cerdas. Tapi kalo gak suka ya gapapa juga sih.

Soalnya, ada beberapa hobi sederhana yang juga menyenangkan dan bisa mengasah kecerdasan kamu loh. Hobi-hobi ini beneran simpel dan gak butuh keluar biaya banyak. Soalnya banyak juga kan orang yang rela ngeluarin duit banyak-banyak cuma untuk mengeluti hobinya.

Ini dia 5 hobi sederhana yang bisa mengasah kecerdasan seseorang. Coba dan latihan terus sampe bisa!

#1 Main scrabble

Ternyata, bermain scrabble bisa mengasah kecerdasan kamu loh. Permainan menyusun kata di atas papan ini biasa dimainkan dua hingga empat orang. Poin kita bakal terus bertambah berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari kepingan huruf-huruf di atas papan scrabble.

Scrabble pertama kali diciptakan tahun 1938 oleh Alfred Mosher Butts. Dia adalah seorang arsitek tapi pengangguran yang tinggal di New York, Amerika Serikat.

Menurut para peneliti dari University of Calgary, bermain scrabble bisa mengasah otak kita. Soalnya, kita semua dituntut untuk mengembangkan kosa kata dari sejumlah huruf yang udah ada di papan permainan.

Main scrabble kuy~ (mentalitch.com)

#2 Main game Tetris


Tetris adalah salah satu game paling populer dan legendaris di dunia. Game ini meluncur tahun 1984 silam dan langsung digemari banyak orang di dunia.

Sebuah penelitian tahun 2009 menyebutkan bahwa orang yang bisa bermain game Tetris selama 30 menit aja setiap hari, fungsi otaknya bakal meningkat secara keseluruhan.

Orang-orang yang sudah terlatih dalam permainan ini biasanya bakal lebih produktif dalam menjalankan segala aktivitasnya. Kamu penggemar Tetris juga bukan gengs?

Main game Tetris juga bikin cerdas loh (smithsonianmag.com)

#3 Main alat musik


Salah satu hobi yang bisa mengasah kecerdasan kamu adalah alat musik. Soalnya, seseorang yang main alat musik akan terangsang daya ingatnya untuk mengolah nada, melodi, dan irama.

Ketika seseorang belajar "not balok", secara gak langsung itu akan melatih skill matematika kita gengs. Menurut peneliti, ada sejumlah proses mental yang terjadi saat main alat musik. Ya, karena kita sedang menggunakan alat musik, semua bagian pada otak akan bekerja.

Bermain alat musik dengan serius juga akan melatih kedisiplinan seseorang loh.

Main alat musik apa pun, bikin kita cerdas juga loh (unsplash.com)

#4 Menari

Para peneliti dari Albert Einstein Collage melakukan penelitian pada lansia berusia 75 tahun ke atas. Kelompok lansia itu melakukan beberapa aktivitas yang dapat menyehatkan mental dan meningkatkan daya ingat mereka.

Beberapa kegiatan di antaranya seperti main teka-teki silang, main kartu, main tenis, main golf, berenang, dan menari.

Dari sekian banyak aktivitas itu, peneliti bisa menarik kesimpulan bajwa menari adalah salah satu aktivitas yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Para peneliti juga percaya kalo seseorang yang punya hobi menari bakal punya daya ingat yang baik. Fisiknya pun sehat.

Kamu juga bisa mulai ikut menari nih, toh orang-orang juga udah pada mulai menggerakkan tubuhnya dan dijadiin konten TikTok tuh. Coba deh.

Menari bikin cerdas dan sehat loh gengs~ (unsplash.com)

#5 Main catur

Catur selama ini dianggap sebagai simbol kecerdasan seseorang. Ya bener aja, soalnya permainan yang dimainkan di atas papan kotak-kotak ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan taktik yang jitu.

Semua itu membutuhkan kecerdasan sebagai seorang pemain catur gengs.

Main catur juga bisa mengasah mental seseorang. Orang juga bisa menggali kemampuan perencanaan, adaptasi, dan kemampuan membaca lawannya.

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti menemukan bahwa seseorang yang rajin berlatih main catur memiliki keterampilan untuk memecahkan suatu masalah.

Main catur bakal bikin kamu cerdik dan cerdas gengs (unsplash.com)