7 Hewan yang Setia Cuma Sama Satu Pasangan Seumur Hidup, Bahkan Ada yang Pacaran!

Gak disangka hewan-hewan ini so sweet banget. Dari pacaran dan acara pernikahan.

Gak cuma manusia loh gengs yang bisa setia sama satu pasangan. Ada hewan yang cuma punya satu pasangan seumur hidup mereka. Meski gak banyak hewan yang bisa menunjukkan kepada kita apa arti setia itu sebenarnya. Hanya sekitar 3-5% dari mereka yang memiliki satu pasangan seumur hidup.

Beberapa pasangan bahkan memiliki tradisi hubungan mereka sendiri yang merupakan tampilan paling murni dari pengabdian mereka satu sama lain. Berikut ini 7 hewan yang cuma punya satu pasangan seumur hidup.

1. Sun Conure memilih pasangannya sekitar 4-5 bulan.

Burung beo kecil ini hidup di bagian timur laut Amerika Selatan. Mereka sangat sosial dan hidup bersama dalam kawanan, berkomunikasi dengan nada tinggi. Sebelum memulai hubungan yang serius, mereka mulai dengan memberi makan dan merawat satu sama lain. Selama hampir setengah tahun gengs.

Udah kayak orang pacaran aja kan ya? Pedekatan dulu baru katakan ya. Heuheu...

2. Crane abu-abu

Sun Conure (reddit.com)

Burung-burung ini hidup di Uganda dan punya ritual khusus untuk menarik perhatian pasangan. Untuk menunjukkan komitmen mereka, 2 pasangan muda menari satu sama lain di depan kawanan sebelum mereka pindah ke sarang.

Kayak merayakan pernikahan bersama kerabat dan saudara terus pindah ke rumah sendiri ya gengs?

3. Monyet titi tembaga

Crane abu-abu (padmaja-earthletters.blogspot.com)

Titi hidup di hutan hujan Amerika Selatan. Hubungan mereka sangat istimewa di dunia hewan, karena mereka terikat dengan pasangannya secara emosional.

Mereka bahkan merasa tertekan ketika mereka berpisah. Pasangan bahkan tetap bersama setelah musim kawin, menghabiskan momen romantis mereka duduk berdampingan dengan ekor mereka terjalin. So sweet banget mereka berdua gengs... uwu...

4. Puffins Atlantik

Titi monkey (tumblr)

Burung-burung kecil ini jarang berganti pasangan dan setiap tahun mereka kembali ke tempat yang sama untuk bersarang bersama dengan pasangan yang mereka cintai.

Begitu sang ibu bertelur, dia merawatnya dan sang ayah membawa makanan dan membela sarangnya. Udah jadi satu keluarga yang rukun.

5. Kuda laut kulit putih 

Kuda laut kulit putih hanya dipisahkan sama mau gengs. Pada hewan ini sang betina lah yang menarik perhatian jantan. Ketika keduanya saling menyukai, bentina juga akan menjaga telur dan anak-anaknya. Keduanya akan hidup bersama hany setia sama satu pasangan.

6. Dik-diks

Puffins Atlantik (pxhere.com)

Antelop kerdil ini mungkin berukuran kecil, tetapi mereka memiliki hati yang setia. Pasangan jantan gak akan membiarkan betinanya digoda sama pejantan lainnya. Dia akan bertarung untuk melindungi dan mempertahankan pasangannya.

7. Berang-berang

Berang-berang berpegangan tangan saat mereka tidur siang untuk menghindari kehilangan satu sama lain. Berang-berang sungai raksasa tetap menjadi keluarga yang penuh kasih dan hidup bersama dalam komunitas dengan berang-berang lainnya begitu mereka memiliki keturunan.

Mereka membagi tugas keluarga dengan adil, dan kadang-kadang berang-berang lainnya bahkan dapat membantu dengan menjaga anak anak-anak. Mereka semua hidup dengan harmonis gengs. uwu bangeeet!

Kalau hewan aja bisa setia dan romantis kayak gini, kamu jangan mau kalah donk gengs...

Dik-diks (twitter)