Cara Menjaga Kelembaban Bibir Biar Gak Kering dan Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah gak cuma perih, juga bikin kamu gak percaya diri.

Pikirkan bibir kamu kayak spons gengs.

"Ketika terkena kelembaban, mereka menyerap air dan bertambah. Ketika mengalami dehidrasi, mereka mengering dan menyusut," jelas Bruce Bart, M.D., seorang dokter kulit di Hennepin County Medical Center di Minneapolis.

Bibir bisa dehidrasi karena terpapar dunia luar, terutama pas udara dingin dan terus berada di ruangan ber AC. Kulit pada bibir juga beda sama bagian kulit lain di tubuh.

Kulit lebih tipis (memungkinkan pembuluh darah terlihat, membuat bibir terlihat merah) dan tidak memiliki kelenjar minyak (minyak bertindak sebagai penghalang bagi kulit, membantu melindunginya dari kekeringan).

Bibir kering bisa jadi merah, kasar, sakit, dan susah dikasih lipstik. Gak mau nempel kan gengs.

Kalau kamu ikuti langkah-langkah ini, kamu bisa dapetin bibir merah yang sehat.

1. Minum

Bawalah botol kemanapun kamu pergi. Minum cukup air (setara dengan setidaknya 9 gelas cairan setiap hari) akan menjaga tubuh, kulit, dan bibir terhidrasi.

2. Berhenti menjilat bibir

Menjilati bibir bisa merusak pelindung yang jusru bikin bibir cepet kering. Air liur mengandung enzim pencernaan yang dapat menghancurkan pelindung bibir. Sebaliknya, oleskan lip balm secara teratur.

3. Bahan-bahan alami

Cari bahan-bahan yang melembabkan seperti lilin lebah, shea butter, vitamin E dan almond, jojoba atau minyak kelapa. Petrolium jelly juga bagus untuk menjaga kelembaban.

menjaga kelembaban bibir (eu.morphe.com)

4. Humidifer ruangan

Bisa menggantikan kelembaban di udara dalam ruangan kering, menjaga bibir dan kulit terhidrasi.

5. Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi jika perlu. Eksfoliator bibir (produk yang mengandung asam hidroksi alfa atau beta berbasis buah) mengelupas kulit mati.

"Tetapi jika kamu memiliki kulit sensitif atau bibir Anda sangat pecah-pecah, gunakan produk ini dengan hati-hati, tidak lebih dari sekali seminggu karena mengandung asam yang dapat mengiritasi kulit," kata Gross dokter kulit.

Bibir yang kemerahan dan terasa perih bisa jadi karena terkena iritasi.

Minum air (alignthought.com)

6. Perlindungan buat bibir

Lindungi, lindungi, lindungi. Bibir rentan terhadap sengatan matahari karena mereka kekurangan melanin, pigmen yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Oleskan lapisan produk pelindung matahari setiap hari yang khusus buat bibir.

Perlakukan Bibir Anda dengan Benar

Ikuti panduan ini untuk merawat masalah bibir yang umum.

Luka di sudut mulut: Jaga agar bibir tetap terhidrasi dengan balsem dan oleskan sedikit krim hidrokortison yang dijual bebas.

Bibi mengelupas: Ini bisa menjadi reaksi alergi terhadap lipstik, pasta gigi, makanan, minuman, atau obat yang kamu minum (Accutane adalah salah satu obat yang dapat mengeringkan bibir). Gejala terkait termasuk gatal dan ruam persisten.

Kerutan di sekitar bibir: Disebabkan oleh paparan sinar matahari, usia, dan merokok, kerutan ini harus diperlakukan seperti kerutan di seluruh wajah

Gunakan krim yang mengandung bahan anti-penuaan seperti retinol.

Bibir tipis: Kalau kamu pengen bibir lebih penuh, pilihan sementara terbaik saat ini adalah suntikan kolagen (Zyderm).

Selamat menjaga kelembaban dan kecantikan bibir kamu ya gengs...

Eksfoliasi (thehealthsite.com)