Saran Diet Bagi Penderita Lupus, Hindari Makanan Olahan!

Lupus adalah penyakit autoimun yang bisa sangat parah.

Lupus adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan yang sehat. Sebenarnya belum ada patokan khusus diet sehat untuk semua penderita lupus. Semua bergantung pada keadaan individu yang berbeda.

Tetapi itu tidak berarti bahwa diet sehat tidak penting untuk manajemen lupus. Penderita lupus perlu makan makanan yang seimbang dan menyehatkan jantung, dengan makanan padat nutrisi yang meminimalkan peradangan.

Jessica Goldman Foung, 34, seorang penulis makanan, memiliki wawasan khusus mengenai lupus dan nutrisi. Penduduk San Francisco-area didiagnosis menderita lupus pada tahun 2004 - sesuatu yang katanya mengubah hidup dan dietnya.

"Pertama dan terpenting, setiap orang dan setiap tubuh berbeda," kata Goldman Foung.

"Dan tergantung pada jenis lupus yang dan obat-obatan yang mungkin digunakan, diet yang disarankan akan berbeda dari orang ke orang. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendiskusikan nutrisi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memulai baru," lanjutnya.

"Tidak ada diet khusus untuk lupus, tetapi diet gaya Mediterania mendekati apa yang paling ideal," kata Sotiria Everett, RD, asisten profesor klinis di departemen keluarga, populasi, dan obat pencegahan di Stony Brook School of Medicine di New York.

Penyakit lupus (medicalnews.today)

"Kamu ingin makan makanan yang rendah lemak dan gula dan memiliki banyak buah dan sayuran. Kamu harus mendapatkan protein dari ikan dan makan banyak kacang-kacangan karena mereka tinggi serat, vitamin B, dan zat besi," tambahnya.

Menurut Goldman Foung, "Diet kaya sayuran memberi saya energi dan membuat saya tetap kuat dan sehat."

Dia biasanya makan makanan yang diisi dengan sayuran hijau gelap dan sayuran berwarna-warni lainnya, makan banyak biji-bijian, dan membatasi konsumsi daging dan "Saya juga mencoba minum jus bit segar sesering mungkin," tambahnya.

Everett menambahkan bahwa makan ikan untuk protein sangat baik. Ikan, terutama salmon, tuna, dan makarel mengandung asam lemak omega-3, yang penting karena membantu melawan peradangan.

Karena autoimun (uchealth.com)

Omega-3, yang juga tersedia sebagai suplemen, dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini mungkin sangat penting bagi wanita dengan lupus karena mereka memiliki setidaknya dua kali lipat risiko penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang tidak memiliki lupus.

"Lupus adalah faktor risiko independen untuk penyakit jantung, jadi kamu harus menjaga pola makan sehat jantung yang membantu melawan peradangan dan tetap pada berat badan yang sehat," kata Everett.

Apa yang Harus Dihindari dari Diet Lupus 

Bagi kebanyakan orang dengan lupus, dua hal besar yang harus dihindari adalah makanan tinggi lemak dan olahan. Makanan olahan mengandung lemak, gula, dan garam yang lebih tinggi (periksa informasi nutrisi untuk jumlahnya).

Makanan segar seperti sayuran dan buah lebih baik untuk dikonsumsi. Bahkan bukan hanya buat penderita lupus. Tapi juga bagi semua orang.

Banyak makan sayur dan buah (womenshealthmag.com)