Bahasa Apa yang Dipakai Malaikat Untuk Menanyai Manusia di Alam Kubur?

Di alam kubur nanti kita bakalan ditanyai segala amalan yang kita perbuat di dunia oleh malaikat, nah nanti tu pake bahasa apa ya?

Nanti saat manusia meninggal tentunya mereka akan hidu di alam barzakh, dan nantinya ia akan ditanyai oleh malaikat yaitu Munkar dan Nakir yang menanyai banyak hal tentang dirimu di dunia.

Menururut hadits Rasulullah SAW yang cukup panjang dari al-Barra’ bin ‘Azib yang dinukilkan Abu Dawud dan Ahmad. Di antara pertanyaan tersebut adalah siapakah Tuhannya? Apakah agamanya? Dan siapakah nabinya? Dan apa kitab sucinya? 

Nah...yang jadi pertanyaan adalah, kira-kira mereka menggunakan bahasa apa ya gengs? Apakah mereka akan menanyai dengan bahasa kita atau dengan bahasa arab?

Penjelasannya

Menurut Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, belum ditemukan dalil secara pasti dalam masalah ini. Sehingga para ulama berbeda pendapat menjadi tiga. Ada yang mengatakan pakai bahasa Suryani, bahasa Arab, dan sesuai bahasa kita. Berikut penjelasan Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthi:

“Dalam kitab Fatawa Guru kami, Al Bulqini, dijelaskan bahwa mayit akan menjawab pertanyaan di alam kubur dengan bahasa Suryani. Tapi saya tidak menemukan dalilnya. Al-Hafidz Ibnu Hajar ditanya soal itu dan menjawab bahwa zahir hadis adalah dengan bahasa Arab. Boleh jadi pertanyaan-jawaban itu sesuai dengan bahasanya mayit (Syarh As-Shudur, 147).”

Alam barzah (Boombastis.com)

Bocoran dari Rosulullah

Dari Al-Barra' bin Azib ia berkata, "Kami pernah keluar bersama Rasulullah saw mengiring jenazah seorang laki-laki dari kaum Anshar kemudian kami sampai di makam.

Saat makam digali, Rasulullah duduk dan kami duduk di sekitar beliau, seakan-akan di atas kepala kami terdapat burung. Di tangan Nabi, ada kayu yang beliau pukulkan ke bumi. Beliau lalu mengangkat kepalanya dan bersabda, "Mintalah perlindungan kepada Allah dari azab kubur."

Beliau mengucapkannya dua atau tiga kali. Dalam riwayat Jarir terkait hadis ini ada tambahan, bahwasanya Nabi bersabda, "Dan si mayit mendengar diangkat serta diletakkannya sandal mereka (para peziarah) ketika mereka berpaling saat ditanyakan pada si mayit 'Hai manusia, siapa tuhanmu, apa agamamu, dan siapa nabimu?'"

Tiga pertanyaan pokok malaikat di atas dalam riwayat lain diikuti dengan tiga pertanyaan lainnya sehingga menjadi enam pertanyaan.

Man rabbuka? (Siapa Tuhanmu?)

Ma dinuka? (Apa agamamu?)

Man nabiyyuka? (Siapa Nabimu?)

Ma kitabuka? (Apa kitabmu?)

Aina qiblatuka? (Di mana kiblatmu?)

Man ikhwanuka? (Siapa saudaramu?)

Ilustrasi (Menurutparaahli.com)

Namun tak semudah itu

Walaupun Rasulullah sudah memberikan bocoran tapi tak semudah itu kita menjawabnya gengs. Soalnya jawaban dari pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir  tergantung dari bekal amal dan ibadah kita selama di dunia.

Nah jadi itulah bahasan mengenai bahasa yang akan ditanyai oleh kedua malaikat di alam barzah nanti. Gimana nich menurut kalian gengs?

Ilustrasi (Kumparan.com)