Begini 11 Cara Mempertahankan Hubungan yang Kuat, Sehat dan Bahagia

Bayangin deh hubungan yang kuat, sehat, dan bahagia itu gimana? Pasti jadi idaman semua orang.

Cara ini akan bekerja. Kalo kamu sedang mengalami hubungan yang stagnan dan hambar. Sekarang saat yang tepat untuk membangun kembali. 

Untuk membangun kembali hubungan nggak butuh badai datang. Nggak perlu juga cara yang ribet. Coba deh, 11 cara mempertahankan hubungan biar kuat, sehat dan bahagia.

1. Jangan meributkan soal uang

Keributan soal uang ini bisa mengancam teror. Kalo kamu nggak pernah mengungkapkan tentang bagaimana mengelola uang, menabung dan memanfaatkannya, coba lakukan sekarang. Tapi, coba memahami bagaimana satu sama lain mengelolanya. Pahami bedanya lalu buat komitmen tentang hal finansial.

2. Beri batasan dalam menanggapi hal-hal sepele

Seringkali hal-hal kecil menyulut pertengkaran yang besar. Untuk mempertahankan hubunganmu tetap kuat, bicarakan hal-hal yang mengganggumu. Misalnya, tentang volume bicara.

3. Bagi isi pikiranmu

Harapan, keraguan, ketakutan, kesenangan. Biarkan pasangan tahu siapa sesungguhnya kamu. Rencanakan juga waktu untuk hanya boleh membicarakan hal yang menurutmu dan pasanganmu penting. Misalnya, kamu ingin ikut kursus piano dan liburan. Dan pasanganmu ingin main band bersama rekannya. 

popsugar.com.au

4. Jadi temannya

Perlakukan pasanganmu dengan perlakuan yang baik. Sebagai seorang teman yang paling kamu percaya. Dengan menghargai, perhatian dan kebaikan. 

5. Pecahkan persoalan

Nggak ada hubungan yang tanpa persoalan. Tapi, nggak semua persoalan dalam hubungan bisa terselesaikan dengan baik. Jadi, kalo berantem bukan mau jadi pemenang. 

Pertengkaran itu terjadi sebagai cara mencari solusi. Biasakan berpikiran bahwa persoalan ini adalah persoalan berdua. Bukan persoalan untuk mencari kebenaran sendiri.

6. Tunjukkan perasaan kasih

Pegang tangannya, usap rambutnya, pelukan. Pakai semua cara untuk membangun kepercayaan. Kalo kamu nggak bisa memberikan itu, biarkan dia tahu kenapa bisa begitu.

7. Positif

Fokus pada pikiran positif bisa membuat hubunganmu semakin kuat. 

infinitcontact.com

8. Beri dukungan

Beri dukungan dari apa yang dia sukai. Berpikiran negatif dan nggak memberi dukungan bisa jadi rayap yang bikin kayu jadi lapuk.

9. Kata

Kata 'Aku cinta kamu' membuat hubungan lebih berharga ketika kamu konsisten mengucapkannya. Dia juga akan merasa berharga.