Agama Islam Di Korea Selatan, dari Awal Datang Hingga Kini Semakin Berkembang

Agama Islam di Korea Selatan sudah semakin berkembang dan dikenal.

Agama Islam di Indonesia menjadi mayoritas, jadi orang Islam memiliki banyak kebebasan dan kemudahan menjalankan syariat agamanya. Tapi bagaimana kalau di negara lain yang penduduk muslimnya minoritas? Bagaimana agama Islam di Korea Selatan?

Agama Islam Di Korea Selatan

Agama Islam di Korea Selatan berkembang di Semenanjung Korea telah berlangsung sejak berabad silam. Pada era Dinasti Joseon (1392-1910 M), kerajaan mengeluarkan dekrit yang melarang praktik ritual Islam dan penggunaan pakaian Muslim.

Agama Islam di Korea Selatan diperkenalkan kembali sama tentara Turki yang terlibat dalam Perang Korea pada 1950-1953 M. Waktu itu belasan ribu tentara Turki menjadi tenaga sukarela yang bahu-membahu membantu tentara Korsel. Pada awal abad ke-20 itulah Islam perlahan mulai dikenal warga Korsel.

Agama Islam di Korea Selatan memang masih minortas banget. Masih idominasi agama Budha dan Konfusius dan agama Nasrani yang juga lebih cepat berkembang di sana.Meski belum banyak masjid, tapi udah ada beberapa masjid yang gede gengs. Salah satunya Itaewon Grand Mosque.

Itaewon Grand Mosque atau yang juga disebut Seoul Central Mosque merupakan masjid terbesar di Korea Selatan. Biasanya juga jadi tempat yang dikunjungi banyak wisatawan. Terutama muslim yang pengen merasakan sholat di masjid Korea Selatan.

Muslim di Korea (religionnews.com)

Selain masjid besar ini, agama Islam di Korea Selatan juga semakin berkembang. Banyak pendatang dan WNI di sana yang beragama Islam. Bahkan ada WNI yang sampai membangun masjid untuk mempermudah ibadah.

Pada tahun 2011, atas inisiasi dari para WNI, mereka mengubah bangunan lama di Changwon menjadi masjid yang dinamakan dengan Masjid Sayyidina Bilal. Ada panitia kecil yang mengumpulkan dana untuk pembangunan ini.

Setahun kemudian, WNI membangun masjid di Angsha yang diberi nama Masjid Siratal Mustaqim. Sudah ada 59 masjid yang diinisiasi dan dikelola oleh WNI di seluruh kota di Korea Selatan.

Tentu saja, bagi WNI masjid menjadi oase untuk beribadah dengan nyaman dan berkumpul dengan sesama WNI. Biar terasa kayak di Indonesia kan gengs.

Beberapa aktor terkenal Korea Selatan juga ada yang memeluk Islam. Termasuk banyak selebgram dan YouTuber juga. Jadi Agama Islam di Korea Selatan cukup dikenal sama orang.

Masjid besar Itaewon (ibenimages.com)

Salah satu yang terkenal adalah Ayana Moon. Dia saat ini juga jadi hits di Indonesia. Dulunya Ayana tidak percaya kalau Islam adalah agama yang baik. Karena yang dia tahu awalnya adalah tentang teroris dan ISIS.

Makanan halal juga lebih banyak ditemukan saat ini di Korea Selatan. Rumah makan halal sudah banyak di temui di daerah pusat seperti Itaewon, Seoul. Kebanyakan hidangan Timur Tengah atau Melayu. Saat ini wisata halal juga semakin berkembang, baik di Korea Selatan maupun negara lain.

Buat kamu yang memakai hijab, juga bukan hal yang aneh lagi di jalan-jalan Korea Selatan. Orang semakin tahu kalau wanita muslim memang biasa pakai hijab dan pakaian yang tertutup.

Makanan halal di Korea Selatan (shopback.my)