5 Tempat di Dunia yang Pernah Mendapat Kemurkaan Tuhan Karena Ulah Manusianya

Karena ulah manusianya, 5 tempat di dunia ini pernah mendapatkan kemurkaan dari Tuhan. Di mana saja tuh lokasinya?

Dalam cerita sejarah yang terkandung di dalam Kitab Suci, disebutkan beberapa tempat nyata di dunia yang pernah menjadi saksi kemurkaan Tuhan. Penyababnya tentu adalah perilaku manusianya yang tidak disukai oleh Yang Maha Esa.

Tempat-tempat tersebut masih bisa dikunjungi saat ini. Dan tak sedikit ilmuwan yang menelitinya untuk membuktikan kesahihan dari cerita sejarahnya. Simak tempat yang dimurka Tuhan di bawah ini ya gengs.

1. Petra

Kisah tentang kota ini adalah Tuhan murka dan memberinya azab lantaran masyarakat Petra menyembah berhala berbentuk batu hitam. Padahal menyekutukan Tuhan adalah dosa yang paling berat.

Petra diperkirakan dibangun pada awal tahun 312 sebelum masehi, sebagai ibu kota dari Nabath. Kini reruntuhan Petra dapat ditemukan di  Yordania dan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tempat di dunia yang pernah mendapat murka Tuhan (britannica.com)

2. Laut Mati

Kisah terkenal dari Kitab Suci, Sodom dan Gomora terjadi di sekitar Laut Mati. Kedua kerajaan ini terletak di sekitar Lembah Yordan yang berbatasan denga Yordania dan Palestina.

Beberapa arkeolog mengatakan kehidupan di sekitar tempat itu mati akibat gempa dan bebatuan yang menimpa mereka. Disebut Laut Mati karena salinitas di tempat ini sangat tinggi, sehingga tak memungkinkan ada kehidupan.

Tempat di dunia yang pernah mendapat murka Tuhan (wikipedia.org)

3. Laut Merah

Kita semua tentu sangat familiar dengan kisah Raja Firaun dan Nabi Musa. Dan salah satu tempat yang terkenal dari cerita ini adalah Laut Merah. Pada kisah tersebut, diceritakan Nabi Musa memiliki mukzizat yakni dapat membelah lautan.

Tujuan Musa membelah laut adalah untuk membantu umatnya lari dari kejaran Firaun. Firaun dan pasukannya pun diazab dengan ditenggelamkan di Laut Merah. Laut Merah terletak di antara Mesir dan Semenanjung Arabia.

Tempat di dunia yang pernah mendapat murka Tuhan (britannica.com)

4. Madain Saleh

Madain Saleh adalah sebuah situs arkeologi yang terletak di dekat Al-'Ula, Arab Saudi. Tradisi Islam menyebutkan bahwa tempat ini erat kaitannya dengan kisah Nabi Saleh.

Nabi Saleh mengajak Kaum Tsamud untuk segera bertaubat dari penyembahan terhadap berhala. Kaum Tsamud tidak mempedulikan seruan Saleh dan malah meminta sang Nabi untuk mengeluarkan unta betina dari balik gunung.

Ketika Saleh bisa membuktikannya, sebagian besar Kaum Tsamud malah membunuh unta tersebut. Azab pun diturunkan oleh Tuhan, kota tersebut dihujam gempa bumi dan sambaran petir.

Tempat di dunia yang pernah mendapat murka Tuhan (wikivoyage.org)

5. Al-'Ula

Situs Al-'Ula adalah ibu kota kuno Lihyanites (Dedanites).Tempat yang terletak di Arab Saudi bagian utara-barat ini terkenal akan sisa-sisa arkeologi yang berusia lebih dari 2000 tahun.

Konon dulunya tempat ini sangat subur sehingga memiliki penduduk yang banyak. Namun masayrakat menjadi lupa dan Tuhan murka melihatnya. Sekarang tempat ini kering dan tak lagi berpenduduk. Namun, sekitar tahun 2019, tempat ini dibuka untuk umum sebagai upaya menambah pemasukan negara.

Tempat di dunia yang pernah mendapat murka Tuhan (wikipedia.org)