7 Anime Tersedih Sepanjang Masa yang Bikin Mewek Berkepanjangan

Yang bilang 'nonton kartun kok nangis' coba aja tonton anime tersedih sepanjang masa di bawah ini.

Anime merupakan salah satu genre film hiburan yang sangat mudah ditemukan dewasa ini. Animasi bergaya Jepang tersebut terhitung sangat populer sebagai alternatif film dari manca negeri.

Biasanya anime dianggap penuh dengan cerita yang menghibur, jenaka, atau bahkan penuh aksi. Tetapi tidak dengan sejumlah anime di bawah ini. Mereka justru menawarkan cerita yang mengaharu biru. Yuk cek anime tersedih sepanjang masa di bawah ini.

1. Anohana: The Flower We Saw That Day

Anime ini memiliki judul asli yang lumayan panjang, "Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai". Narasi utamanya tentang persahabatan dan tragedi yang bisa jadi relate dengan kita-kita.

Awalnya, Anohana bercerita tentang persahabatan 6 anak sekolah dasar yang berjalan dengan manis. Tapi, semua itu berubah ketika Menma, salah satu sahabat mereka, ditemukan meninggal dunia. Kelima orang yang tersisa pun saling menyalahkan dirinya masing-masing hingga persahabatan mereka hancur.

Suatu hari, salah seorang dari mereka didatangi oleh roh Menma yang gentayangan. Ia ingin sahabatnya berkumpul kembali seperti dulu lagi. Berhasilkah permintaan ‘terakhir’ Menma?

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (otakupulse.blogspot.com)

2. Erased

Jika kamu penggemar cerita detektif, pasti bakal menyukai serial anime “Erased”. Nggak hanya menghadirkan cerita yang membuat penasaran, tapi juga sukses membuat kamu menangis.

Salah satu anime tersedih sepanjang masa dengan judul asli “Boku dake ga Inai Machi” ini mengisahkan tentang kehidupan seorang komikus berusia 29 tahun, Satoru Fujinuma yang dipenuhi depresi.

Komik buatannya selalu mendapat kritikan pedas bahkan nggak pernah lolos cetak. Ia pun harus mengambil kerja sambilan untuk memenuhi biaya hidupnya. Karena suatu hal Satoru memiliki kemampuan kembali ke masa lalu yang melemparnya di usia kelas 5 SD untuk menghadapi kasus pembunuhan yang juga melibatkan ibunya. Penasaran kelanjutannya gengs?

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (id.fanpop.com)

3. 5 Centimeter Per Second

Kurang rasanya jika tidak memasukan salah satu karya Makoto Shinkai ke dalam daftar anime tersedih sepanjang masa. Dan yang paling cocok tentunya anime yang berjudul Byousoku 5 Centimeter atau 5 Centimeter Per Second.

Film ini bercerita tentang teman masa kecil bernama Takaki Tōno dan Akari Shinohara. Mereka beranjak dewasa dan saling mecintai. Tetapi ternyata mereka tidak ditakdirkan untuk bersama.

Anime ini memiliki satu bagian cerita yang bakal relate sama sobat ambyar semua. Tapi nggak bisa diceritain karena bakal spoiler. Pokoknya sedih banget deh gengs.

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (anvesterv.blogspot.com)

4. Wolf Children

Premis dasar cerita ini lumaya aneh yaitu bagaimana bila manusia dan siluman serigala memiliki anak? Well, kamu bisa menemukannya di anime “Ookami Kodomo No Ame to Yuki” atau “Wolf Children”.

Tetapi yang kalian dapatkan adalah cerita haru tentang perjuangan seorang ibu yang membesarkan dua anaknya yang setengah manusia dan setengah serigala. Mengurus anak manusia saja sudah ribet, bagaimana dengan mengurus anak setengah serigala?

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (melkweg.nl)

5. Your Lie in April

Kalau kalian suka musik, pengen nonton anime, dan pengen sedih-sedihan, maka kalian harus nonton anime "Your Lie in April". Film dengan judul asli "Shigatsu Wa Kimi no Uso" ini bercerita soal pentingnya persahabatan dan cinta. 

Berawal dari pianis bernama Arima Kousei yang trauma bermain piano akibat kematian ibunya. Kemudian ia bertemu dengan Miyazono Kaori, gadis pemain biola, yang ternyata berusaha mengajak Kousei kembali bermain musik.

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (nuhanosekai.blogspot.com)

6. Clannad: After Story

Seri anime Clannad After Story ini merupakan kelanjutan dari anime berjudul Clannad. Musim kedua ini akan menceritakan latar dimana Tomoya dan Nagisa telah lulus dari SMA. Setelah lulus mereka berdua menjalani hidup bersama dan menjalin hubungan yang semakin mendalam.

Dengan hubungan yang mereka jalin bersama-sama, Tomoya dan Nagisa terus mendapatkan makna tentang arti pentingnya sebuah keluarga. Sayangnya, kisah mereka dipenuhi dengan berbagai ujian dan tantangan. Sampai pada akhirnya, datanglah ending yang sungguh menyedihkan.

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (nahason-otaku.blogspot.com)

7. Grave of Fireflies

Bagi yang sudah menonton, mungkin kalian akan memberi gelar film ini sebagai anime tersedih sepanjang masa. Begitu legendarisnya kalian pasti sesekali pernah mendengar judul "Grave of the Fireflies" yang merupakan salah satu karya Hayao Miyazaki. 

Anime ini tayang pertama kali pada tahun 1988 dan mengambil kisah nyata dari Perang Dunia II yang saat itu sedang berlangsung. Kakak beradik menjadi korban bom atom yang dijatuhkan Amerika di Hiroshima dan Nagasaki.

Perjuangan hidup kakak beradik semasa perang ini benar-benar akan membuat kamu berderai air mata. Saat di akhir cerita, kamu pun akan mengerti arti kunang-kunang yang menjadi judul anime ini.

Anime tersedih sepanjang masa yang bikin mewek (japanesestation.com)