Tips Membuat CV Agar Peluang Diterima Pekerjaan Lebih Tinggi

Agar peluang diterima pekerjaan lebih tinggi, ikuti deh tips membuat curriculum vitae atau CV di bawah ini.

Salah satu syarat melamar pekerjaan adalah memiliki curriculum vitae atau CV. CV menjadi tolak ukur seberapa jauh kompetensi kalian berkembang dan pengalaman apa saja yang sudah kalian miliki.

Sebagai HRD sebuah lapangan pekerjaan yang sedang open recruitment, pasti tidak hanya satu atau dua CV yang mereka nilai. Tentu akan sangat melelahkan memilah satu-satu CV apalagi yang disajikan datar-datar saja.

Maka dari itu ada tips nih kalau kalian lagi membuat CV. Yaitu bagaimana agar peluang diterima pekerjaan menjadi lebih tinggi karena CV kalian menarik untuk dicermati oleh pihak pemberi pekerjaan. Langsung yuk!

1. Desain CV yang simpel

Untuk menarik perhatian, buat tampilan CV kalian lebih menarik. Tetapi jangan pilih desain yang meriah, jatohnya malah norak. Yang simple tapi eye catching gitu gengs. Perhatikan pemakaian italic, bold, dan capslock untuk penekanan serta pemilihan jenis font. Jangan sampai kamu kirim CV pakai comic sans. Plis jangan lalukan itu.

Tips membuat CV agar peluang diterima kerja tinggi (flowmagazine.com)

2. Deskripsikan diri secara singkat

Agar diterima lamaran pekerjaanya, kalian nggak perlu "menjual diri" dengan menyampaikan banyak sekali deskripsi diri. Semisal tinggi bada, makanan favorit, atau kartun kesukaan. Nggak usah dimasukin yang kayak gitu. Cukup ceritakan apa saja kelebihanmu dan kekuranganmu yang masih ingin kamu perbaiki.

Tips membuat CV agar peluang diterima kerja tinggi (freepik.com)

3. Isi riwayat kerja yang spesifik

Setiap pengalaman kerja merupakan modal yang sangat penting untuk melamar bekerja di tempat lain. Tips membuat CV selanjutnya adalah sebisa mungkin tulis secara spesifik pengalaman bekerja tersebut termasuk tugas apa saja yang kamu kerjakan. Dengan menilai riwayat kerja tersebut, HRD akan yakin untuk mempekerjakanmu di perusahaan mereka.

Tips membuat CV agar peluang diterima kerja tinggi (saskatchewan.ca)

4. Cari tahu apa kebutuhan pemberi kerja

Melamar kerja di banyak tempat sih sah-sah saja, selama kamu memenuhi requirement yang mereka ajukan. Tetapi untuk menaikkan kans diterima kerja, mending kamu riset dulu apa saja yang dibutuhkan dari perusahaan tempat kamu melamar. Jika CV yang kamu buat bisa merefleksikan kebutuhan mereka, niscaya kamu akan diterima kerja.

Tips membuat CV agar peluang diterima kerja tinggi (ccu.edu)

5. Tambahkan soft skill

Tips membuat CV terakhir adalah dengan menuliskan soft skill apa saja yang kamu miliki. Hal ini bisa menambah peluangmu diterima kerja meskipun tidak diminta dalam requirement. Sesuaikan juga soft skill yang kalian akan cantumkan dengan kebutuhan perusahaan. Jangan masukan soft skill yang sekiranya tidak relevan dengan pekerjaan yang mereka tawarkan.

Tips membuat CV agar peluang diterima kerja tinggi (dwiagiarti.blogspot.com)