Wow, Alat Musik Tertua di Dunia Terbuat dari Tulang, Jadi Bukti Kekalahan Manusia Purba

Inilah alat musik tertua di dunia. Ternyata bahannya unik juga.

Penasaran nggak sih kayak apa alat musik paling tua di dunia? Beberapa tahun yang lalu, peneliti berhasil menemukan alat musik paling tua, serta mengidentifikasinya.

Instrumen musik tersebut adalah flute atau seruling. Bentuknya sih khas banget dengan lubang-lubangnya kayak seruling zaman sekarang. Tapi, yang membuatnya beda adalah bahan pembuat.

Melansir BBC, seruling tertua di dunia ini terbuat dari tulang burung dan gading gajah. Awalnya, ditemukan di sebuah gua di Jerman Selatan. Dari analisa karbon, ilmuwan yakin kalo alat musik tiup itu udah berusia 42 ribu atau 43 ribu tahun. Duh, lama banget ya!

Tim penelitian dari Universitas OXford menyebutkan kalo emang serulingnya nggak beda jauh sama usia tulang hewan purba yang ditemukan juga di gua Geissenkloesterle di Swabian Jura, Jerman.

alat musik tertua di dunia (livescience.com)

Penemuan para peneliti menguatkan hipotesa sebelumnya kalo Sungai Danube adalah jalur penting perpindahan manusia modern dan pusat perkembangan teknologi di wilayah Eropa Tengah antara 40 ribu tahun dan 45 ribu tahun lalu. Nggak heran, ditemukan banyak barang penting, karya seni, dan alat musik di beberapa gua di wilayah Jerman itu.

Mereka juga percaya kalo alat musik seruling pada zaman dahulu dipakai sebagai sarana hiburan atau upacara keagamaan. Selain itu, ditemukannya alat musik dari tulang membuktikan kalo manusia modern lebih unggul dibanding manusia purba atau Neanderthal pada zamannya. Seperti kita tau, Neanderthal punah di Eropa pada 30 ribu tahun lalu. 

alat musik tertua di dunia (dw.com)

Alat musik jadi media memperluas jaringan sosial, memperluas wilayah kekuasaan, dan mempersempit kekuasaan Neanderthal yang lebi konservatif. Sampai akhirnya Neanderthal kalah dari manusia modern.

Itulah sedikit fakta tentang alat musik tertua di dunia. Gimana menurut kalian gengs?

neanderthal (bbc.com)