Inilah Deretan Negara di Dunia yang Tidak Punya Bandara, Kenapa?

Inilah deretan negara di dunia yang tidak punya bandara. Kenapa?

Ada ratusan negara berdaulat di dunia ini. Umumnya, semua negara berdaulta jelas punya bandara dong.

Tapi ternyata, ada juga sejumlah negara di dunia ini yang nggak punya bandara. Mungkin mereka harus menumpang dengan negara tetangganya jika harus melakukan penerbangan ke berbagai tempat.

Dikutip dari Reader's Digest, inilah deretan negara di dunai yang tidak punya bandara. Kenapa ya?

#Vatican City

Sebagai negara yang merdeka, Kota Vatikan atau Vatican City ini adalah salah satu negara di dunia yang tidak punya bandara. Kenapa? Yap, karena luas wilayahnya sangat kecil!

Kota Vatikan sendiri berada di tengah-tengah Kota Roma, ibu kota Italia. Sementara Kota Roma sendiri punya dua bandara besar. Kedua bandara besar itulah yang menjadi penolong bagi Kota Vatikan dalam urusan penerbangan.

Kota Vatikan (thejakartapost.com)

#Monako

Seperti halnya Kota Vatikan, Monako adalah kerajaan dengan luas wilayah yang cukup kecil. Negara terkecil kedua di dunia. Makanya, negara berdaulat ini juga tidak punya bandara.

Negara kecil ini terkenal banget sama kasino mewah dan gelaran balap mobil F1. Bandara terdekat berada di Kota Nice, Prancis. Jadi kalo mau ke Monako ya cuma bisa lewa Nice dan dilanjutkan dengan berkendara ke Monako.

Monako (worldnomads.com)

#Andorra

Andorra berlokasi di perbatasan pegunungan antara Spanyol dan Prancis. Andorra berada di alam pegunungan dan ibu kotanya disebut sebagai yang tertinggi di Eropa.

Andorra juga tidak punya bandara karena negara ini cukup kecil. Lagian juga di pegunungan. Jadi kalo mau berkunjung ke Andorra, orang-orang bisa mengaksesnya dari lima bandara terdekat yang tersebar di Spanyol dan Prancis.

Andorra (planetware.com)

#Liechtenstein

Buat lidah kita, negara ini susah banget disebut. Nah, negara ini juga tidak punya bandara karena memiliki luas wilayah yang kecil juga. Bahkan wilayahnya berada di perbatasan pegunungan Swiss dan Austria.

Liechtenstein bisa dikunjungi dengan terbang dulu ke bandara yang berada di sekitarnya. Entah di Swiss atau Austria. Bandara terdekatnya adalah Bandara St. Gallen Altenrhein di Swiss.

Liechtenstein (scmp.com)

#San Marino

Seperti halnya Kota Vatikan, San Marino menempati sebuah wilayah kecil di Italia. Negara berdaulat ini juga punya wilayah yang cukup kecil, makanya tidak punya bandara sendiri.

Meski wilayahnya kecil, ternyata San Marino adalah salah satu negara terkaya di dunia. Pendapat per kapitanya cukup tinggi. Tapi, jumlah penduduknya sangat sedikit, sekitar 33 ribu jiwa aja.

Itulah deretan negara di dunia yang tidak punya bandara. Kenapa? Ya, karena wilayahnya masing-masing sangat kecil. Malah bisa lebih gede bandaranya daripada negaranya.

San Marino (foodfuntravel.com)