Sekali Selingkuh, Orang Itu Gak Akan Pernah Berhenti Melakukannya ... Begini Kata Penelitian

Sekali selingkuh, orang itu gak akan pernah berhenti melakukannya ... begini kata penelitian.

Jika kamu akhirnya tahu pacar kamu selingkuh, kamu maafin dia gak? Yap, dimaafin mungkin bisa lebih baik. Hubungan (mungkin) akan kembali seperti semula.

Tapi nggak semudah itu gengs. Hubungan kalian bisa jadi nggak sama lagi. Sebab, orang yang sekali aja selingkuh, dia akan selamanya jadi tukang selingkuh.

Katanya, ini adalah potensi dari setiap orang, dari setiap pasangan. Meski emang kamu bisa percaya banget sama pasangan kamu, atau kamu bisa nggak merasa demikian.

Pernah gak sih kamu bertanya-tanya ... kenapa sih dia udah berjanji untuk nggak selingkuh lagi setelah kamu maafin, eh, malah selingkuh lagi? Kenapa dia tetap mengulangi perbuatannya?

Para peneliti dari University College London pernah melakukan penelitian terkait hal ini. Para peneliti meminta para partisipan untuk membantu pasangan mereka menebak isi koin dalam gambar sebuah kaleng yang diburamkan.

Sekali selingkuh, pasangan kamu bakal jadi tukang selingkuh seterusnya (freepik.com)

Kalo tebakan pasangan itu melebihi jumlah koin yang ada, partisipan akan mendapatkan hadian berupa uang.

Alhasil, para partisipan pun berbohong. Mereka pun melebih-lebihkan jumlah koin yang ada di dalam kaleng tersebut.

Di sini, para peneliti pun melakukan pengamatan terhadap amygdala partisipan. Bagian di otak itu mengatur emosi seseorang. Semua bisa ketahuan ketika partisipan berbohong.

Ternyata, semakin sering partisipan berbohong, reaksi amygdala terus menurun. Itu berarti rasa penyesalan juga semakin berkurang.

Hal ini pernah diteliti, masalahnya adalah kebohongan (pinterest.com)

Hal ini juga akan terjadi pada pacar kamu yang berselingkuh. Dia akan membuat kebohongan pertama dan kedua, dan seterusnya. Dia akan berbohong kepada banyak orang ke mana pun dia pergi dan dengan siapa saja yang dia temui.

Neil Garrett, peneliti dari Princeton Neuroscience Institute, mengatakan bahwa mungkin pada saat pertama kali orang selingkuh orang itu ngerasa nggak enak. Dia akan merasa bersalah juga.

Tapi di kesempatan selanjutnya, rasa bersalah berkurang. Dia nggak mungkin ngerasain nggak enak lagi sama pasangannya. Perselingkuhan pun akan jadi lebih besar lagi.

Pasangan yang selingkuh akan berbohong kepada siapa saja (bustle.com)

Akhirnya, dia menciptakan lingkaran setan dan terjebak di lingkarang setan yang diciptakannya sendiri. Makanya, sekali seligkuh, orang itu nggak akan pernah berhenti melakukannya.

Jadi, pikirin baik-baik sebelum melakukan hal ini ya gengs.

Ya, kamu tinggal pilih deh, bertahan atau dilepas aja ... (unsplash.com)