Paspor Terkuat Di Dunia Bukan Punya Eropa, Ternyata Masih Tetangga Kita

Paspor terkuat, terhebat, tahan banting. Apa artinya? Lalu apa kabar Indonesia?

Apa yang kamu bayangkan ketika ada yang ngomong paspor terkuat gengs? Apakah paspor yang tahan air? Tahan banting? Tahan beban berat??

Kekuatan paspor gak bisa dinilai dengan kekuatan fisik gengs. Tapi dinilai dari berapa banyak negara yang bebas akses pakai paspor itu. Artinya kamu kalau mau jalan-jalan ke luar negeri gak perlu repot pakai visa.

Tahu lah ya visa gak murah dan gak gampang nyarinya. Terutama buat kamu yang jauh dari kota dan gak domisili di Jakarta. Bayar akomodasi bayar visa lagi. Double kill!

Paspor terkuat di dunia dimiliki oleh negara Jepang gengs. Bukan negara Eropa sana. Tapi masih satu rumpun sama kita. Negara dengan paspor terkuat kedua adalah Sigapura. Masih tetangga kita malah, deket banget.

Indeks Paspor Henley, yang secara berkala mengukur paspor paling ramah perjalanan di dunia, telah merilis laporannya pada dekade baru di tahun 2020 ini.

Jepang sekarang berada di puncak peringkat pemilik paspor terkuat, menawarkan akses bebas visa atau visa on-arrival ke 191 destinasi luar biasa di seluruh dunia.

Asia mendominasi daftar teratas, dengan Singapura di tempat kedua (dengan skor 190) dan Korea Selatan dengan Jerman di tempat ketiga (dengan skor 189).

Paspor terkuat di dunia (ttrweekly.com)

Negara-negara Eropa di sisa sepuluh besar, dengan Finlandia dan Spanyol di urutan keempat, Spanyol, Luksemburg dan Denmark berada di urutan kelima, dan Swedia dan Prancis duduk di urutan keenam.

AS dan Inggris, sementara itu, terus meluncur ke bawah peringkat. Ketika kita melangkah ke tahun 2020-an, mereka memegang tempat kedelapan. Jauh berbeda dari tempat nomor satu yang mereka pegang bersama lima tahun lalu, pada tahun 2015.

Sumption juga mencatat bahwa migrasi bersih UE ke Inggris turun sebesar 59% antara tahun 2015 dan 2018, dengan banyak warga negara Uni Eropa. Satu langkah di atas Inggris adalah Irlandia, di No.7.

Pemegang paspor Jepang dapat mengakses 165 destinasi lebih banyak daripada pemegang paspor terlemah di dunia, yaitu Afghanistan, yang menawarkan akses bebas visa / on-arrival ke hanya 26 destinasi.

Paspor terbaik untuk dimiliki pada tahun 2020 adalah:

1. Jepang (191 tujuan)

2. Singapura (190)

3. Korea Selatan, Jerman (189)

4. Italia, Finlandia (188)

5. Spanyol, Luksemburg, Denmark (187)

6. Swedia, Prancis (186)

7. Swiss, Portugal, Belanda, Irlandia, Austria (185)

8. Amerika Serikat, Britania Raya, Norwegia, Yunani, Belgia (184)

9. Selandia Baru, Malta, Republik Ceko, Kanada, Australia (183)

10. Slovakia, Lituania, Hongaria (181)

Paspor dengan akses terlemah adalah

Jepang dengan paspor terkuat (usnews.com)

Beberapa negara di dunia memiliki akses visa-on-arrival atau bebas visa ke kurang dari 40 negara. Ini termasuk:

100. Korea Utara, Sudan (39 tujuan)

101. Nepal, Wilayah Palestina (38)

102. Libya (37)

103. Yaman (33)

104. Somalia, Pakistan (32)

105. Suriah (29)

106. Irak (28)

107. Afghanistan (26)

Daftar Henley & Mitra adalah salah satu dari beberapa indeks yang dibuat oleh perusahaan keuangan untuk memeringkat paspor global sesuai dengan akses yang mereka berikan kepada warga negara mereka.

Indeks Paspor Henley didasarkan pada data yang disediakan oleh Otoritas Transportasi Udara Internasional (IATA) dan mencakup 199 paspor dan 227 tujuan perjalanan. Ini diperbarui secara real time sepanjang tahun, ketika dan ketika perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Bagaimana dengan Indonesia? Henley Passport Index mencatat paspor Indonesia ada di peringkat 72 dalam daftar paspor terkuat dunia saat ini, lebih baik satu posisi dari daftar sebelumnya. Pemegang paspor Indonesia memiliki akses bebas visa ke-71 negara.

Paspor terlemah punya Afghanistan (washingtonpost.com)