Yuk, Mengenali Sosok Najwa Shihab yang Sebenarnya dan Mungkin Jarang Diketahui Orang-orang

Yuk, mengenali sosok Najwa Shihab yang sebenarnya dan mungkin jarang diketahui orang-orang.

Siapa lagi sih yang nggak mengenal sosok Najwa Shihab? Presenter acara "Mata Najwa" ini udah belasan tahun berda di dunia jurnalistik hingga masuk ke TV juga.

Sosok perempuan bernama Najwa Shihab ini memulai kariernya sebagai wartawan magang di RCTI. Hingga akhirnya dia masuk Metro TV menjadi pembawa berita dan berhenti.

Kini, Najwa Shihab sendiri aktif dalam ratusan episode Mata Najwa yang tayang di Trans 7. Dia bahkan mempunya channel YouTube sendiri dan mendirikan Narasi TV tahun 2017 lalu.

Nah, kesuksesan Najwa Shihab di dunia jurnalistik ini tentu tak lepas dari dukungan orang-orang tersayangnya yang selalu berada di sekelilingnya.

Publik mengenalnya sebagai putri dari ulama Quraish Shihab. Tapi Najwa Shihab yang akrab disapa Mbak Nana ini juga ketularan pintar dari ayahnya dan menekuni dunianya sendiri. Terutama kepandaian dalam berbicara dan memberikan pertanyaan-pertanyaan tajam kepada narasumbernya.

Tapi jarang diketahui orang nih, ternyata ada sosok yang sama pentingnya dengan ayahnya. Orang itu adalah suaminya yang bernama Ibrahim Sjarief Assegaf yang akrab disapa Baim.

Sama seperti Mbak Nana, Baim adalah seorang WNI keturunan Arab campuran Jawa-Solo. Najwa dan Ibrahim menikah pada tahun 1997 lalu di Solo, Jawa Tengah dengan adat Surakarta.

Najwa Shihab, presenter acara Mata Najwa (Instagram @najwashihab)

Dari pernikahannya, Najwa dikaruniai seorang anak bernama Izzat Ibrahim Assegaf.

Dalam dunia jurnalistik yang telah membesarkan namanya itu, Najwa tentu tak bisa jadi seperti sekarang tanpa dukungan dari suaminya.

Suaminya sendiri emang jarang terekspos media. Dan suaminya sebenarnya berprofesi sebagai seorang lawyer atau pengacara. Padahal profesi sebelumnya juga tak jauh-jauh dari jurnalistik juga gengs.

Dalam sebuah acara televisi, Najwa Shihab pernah mengatakan bahwa suaminya sempat menjadi wartawan cukup lama. Seperti suaminya pula, Najwa Shihab adalah sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Najwa telah belasan tahun menekuni dunia jurnalistik (Instagram @najwashihab)

Tapi, Mbak Nana ini lebih memilih untuk menekuni dunia jurnalistik ketimbang jadi pengacara, hakim, atau mungkin notaris. Sementara suaminya justru memilih untuk berkarier di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya setelah lepas dari dunia jurnalistik.

"Sejak 8 tahun yang lalu, dia memang sempat juga jadi wartawan kan, jadi memahami profesi istrinya. Tapi sekarang dia udah kembali jadi lawyer. Jadi sekarang justru lebih sibuk daripada aku," kata Najwa Shihab.

Baim sendiri memiliki gelar Bachelor of Laws dari Univeritas Indonesia. Yap, mereka berdua satu almamater. Dia juga memiliki gelar Master of Laws dari University of Melbourne, Australia.

Kesuksesan Najwa Shihab sebagai presenter tak lepas dari dukungan suaminya (Instagram @najwashihab)

Maka dari itu, anak laki-laki satu-satunya itu juga paham betul akan kesibukan ibunya ketika mulai turun ke lapangan.

Di balik itu, meski kemesraan Najwa Shihab dan suaminya jarang terekspos seperti selebritis Indonesia pada umumnnya, Baim adalah sosok suami yang baik dan mendukung penuh istrinya yang nyaris setiap hari tampil di layar TV atau smartphone.

Baim juga adalah sosok laki-laki yang romantis sejak masih awal menikah. Bahkan hingga kini. Hal ini juga diakui sendiri oleh Najwa Shihab meski malu-malu untuk bicara tentang keromantisannya.

Najwa Shihab dan anaknya, Izzat (Instagram @najwashihab)

Nggak cuma itu, Najwa Shihab ternyata juga punya naluri untuk menjadi seorang pendidik seperti ayahnya dan kakeknya. Najwa juga pernah bercita-cita di masa depan untuk membuat sekolah jurnalistik demi memajukan industri pertelevisian Indonesia.

Selain ingin mencetak wartawan yang berkualitas, Najwa Shihab ternyata suka dengan serial detektif gitu gengs. Mungkin inilah kunci sukses Najwa Shihab membawakan acaranya itu. Misalnya serial Sherlock Holmes atau Criminal Minds. Termasuk buku serial detekif pula.

Itulah sosok Najwa Shihab yang mungkin jarang diketahui orang-orang. 

Najwa Shihab dan keluarganya yang selalu kompak (Instagram @najwashihab)