Tokoh Legendaris Indonesia yang Melakukan Moksa, Jasadnya Menghilang Tanpa Jejak, OMG!

Jasad menghilang tanpa jejak cuman bisa dilakukan oleh orang-orang sakti ini.

Pernah dengar istilah Moksa? 

Moksa sendiri adalah sebuah konsep agama Hindu dan Buddha. Artinya ialah kelepasan atau kebebasan dari ikatan duniawi dan lepas juga dari putaran reinkarnasi atau Punarbawa kehidupan.

Dilansir dari Wikipedia, Diyakini bahwa ada empat Yoga pengendalian atau marga jalan untuk mencapai moksa. Hal ini meliputi: berbakti demi Yang Mahakuasa "Karma Yoga", memahami Yang Mahakuasa "Jnana Yoga", bermeditasi kepada Yang Mahakuasa "Raja Yoga", dan melayani Yang Mahakuasa dengan bakti yang tulus "Bhakti Yoga". Tradisi Hinduisme yang berbeda-beda memiliki kecenderungan antara jalan yang satu dengan yang lainnya, beberapa yang terkenal di antaranya adalah tradisi Tantra dan Yoga yang berkembang dalam Hinduisme.

Jadi intinya menghilang tanpa bekas dan juga sosok jasad gengs. Dan di Indonesia sendiri ada beberapa tokoh besar yang bisa seperti itu. Siapa sajakah mereka? Yuk kita kepoin. '

Tokoh yang Moksa

Sabdo Palon Noyo Genggong

Katanya, Sabdo Palon Noyo Genggong merupakan nama lain dari Semar atau salah satu dari Punokawan. Kalian tahu kan?

Walaupun banyak orang yang mengatakan bahwa Punokawan termasuk Semar di dalamnya adalah tokoh fiktif, namun tidak sedikit yang mempercayainya loh.

Semar (NusaDaily.com)

Prabu Jayabhaya

Terkenal dengan ramalannya hingga saat ini, Kesaktiannya dan keberhasilannya menjadi seorang pinilih (pilihan) menurut agama Hindu, membuatnya tidak pernah meninggal karena dia dapat melalui proses kematian normal dengan cara moksa.

Jayabaya menghilang tanpa jejak setelah melakukan tapa moksa di Desa Menang, Kabupaten Kediri. Keren....

Prabu Jayabhaya (Malangtimes.com)

Mahapatih Gajah Mada

Kalau ngomongin Mahapatih Gajah Mada, jadi ingat Universitas Gajah Mada alias UGM di Yogyakarta deh hihihi. 

Tapi,  Gajah Mada melarikan diri setelah terjadinya Perang Bubat, yaitu perang antara Kerajaan Pajajaran dari Negeri Sunda dengan Kerajaan Majapahit. Gajah Mada dituding sebagai penyebab utama terjadinya perang. Sebelum tertanggakap dan diadili atau dibunuh, Gajah Mada melakukan yoga samadi dan moksa hingga sekarang ini.

Mahapatih Gajah Mada (Grid.id)

Prabu Brawijaya V

Sebelum moksa, Prabu Brawijaya V masih memeluk agama Buddha dan di akhir keberadaannya, dia meminta Sunan Kalijaga yang masih merupakan keturunannya (cucu) untuk mengislamkannya. 

Setelah menjadi mualaf, Prabu Brawijaya V melakukan tapa tingkat akhir di Gunung Lawu dan moksa. Serem juga ya....

Prabu Brawijaya V (Arkeologi.com)

Prabu Siliwangi

Ketika ajaran agama Islam masuk ke Tanah Air, dia mendapatkan desakan agar meninggalkan agama terdahulu dan menjadi seorang mualaf.

Dikarenakan hal tersebut, Prabu Siliwangi memutuskan untuk menyingkir dari kerajaannya dan tidak berkenan masuk Islam. Sebelum mengambil tapa moksa, dia memberikan wejangan kepada para pengikutnya untuk memilih sesuai keinginannya sendiri. 

Nah jadi itulah beberapa kisah tokoh legendaris asal Indonesia yang melakukan moksa gengs. Gimana nih menurut kalian? Apakah kalian juga ingin Moksa?

Prabu Siliwangi (Republika.com)