Kisah Delta Hesti yang Kerja Keras Bareng "Mantan Pacarnya" Sampe Jadi Crazy Rich Surabaya

Kisah Delta Hesti yang kerja keras bareng "mantan pacarnya" sampe jadi crazy rich Surabaya.

Gengs, masa-masa pacaran emang indah. Dunia serasa cuma milik berdua aja. Tapi bukannya bakal lebih indah lagi kalo kalian berdua punya goals dan terwujud?

Kalo kalian sepakat, kalian mesti tau nih kisah hidup Delta Hesti. Dia belakangan mencuri perhatian netizen berkat aksi sosialnya. Dia membagikan bahan makanan dan uang kepada orang-orang yang membutuhkan.

Aksi sosial Delta Hesti ini pun viral di media sosial. Dan akhirnya diketahui juga kalo Delta Hesti ini adalah salah satu Crazy Rich Surabaya.

Kalo dia adalah orang tajir melintir dari Surabaya, rasanya sih gampang banget ya ngeluarin duit. Tapi tau nggak gimana perjalanan hidupnya sampe dia jadi crazy rich Surabaya?

Kita semua yakin bahwa nggak ada sesuatu yang didapat dengan instan. Maka, semua kekayaan yang dimiliki Delta Hesti didapat dengan hasil kerja kerasnya gengs. 

Perempuan yang akrab disapa Hesti ini memulai perjalananya jadi orang tajir melintir dengan cara berdagang. Dia membangun bisnisnya bersama pacarnya pada tahun 2010 dulu.

Saat itu, Hesti bersama pacarnya berjualan barang-barang preloved. Mulai dari baju, tas, hingga sepatu second.

Delta Hesti, sang crazy rich Surabaya (Instagram @detahesti)

"Jadi awal mula untuk membangun bisnis ini kan kita awal mula pacaran dari 2010, di akhir 2010 mencoba jualan jualan gitu, second hand, tapi masih belum fokus," kata Hesti, dikutip dari Wolipop.

"Kita dulu pernah jualan baju-baju vintage, terus tas vintage, sepatu, terus belinya di Pasar Gembong, Surabaya, dan belum fokus," lanjutnya.

Hesti juga sempat di PHK perusahaannya karena bangkrut. Akhirnya, Hesti pun memberanikan diri untuk fokus bareng pacarnya. Menurut pengakuannya, dia nggak punya kemampuan dasar untuk berdagang karena tak ada angoota keluarganya yang pernah menjalankan bisnis.

Tak punya kemampuan berbisnis tak membuat Hesti patah arang. Dia mengatakan bahwa proses itu sangat sulit. Tapi Hesti terbantu karena pacarnya mau membantu dirinya belajar berbisnis.

Hesti dan pacarnya waktu itu memutuskan untuk memanfaatkan teknologi. Mereka kemudian menjalankan bisnis online shop dan mengembangkan usahanya. Dia pun menjual sepatu dan tas industri rumahan. Online shopnya diberi nama @handmadeshoesby.

Dia memulai semua ini dari bisnis kecil-kecilan (Instagram @detahesti)

"Di awal 2011, belum ada atau jarang yang namanya online shop, jadi kita menang di awal. Kita mainnya lewat Kaskus, lewat Facebook," katanya.

Tapi, kata Hesti, barang yang dia jual belum tentu selalu ada. Soalnya barangnya juga second hand.

Perempuan kelahiran tahun 1992 ini juga bercerita tentang awal mula dirinya terjun ke dunia bisnis. Hesti mengaku bahwa orang tuanya punya utang hingga ratusan juta rupiah. Kondisi waktu itu pun tak memungkinkan dirinya bekerja di perusahaan orang lain.

"samapi ibu saya merantau ke Manado, bapak ke Papua, adik saya juga ke Manado sebagai pembantu. Nah, saya memberanikan diri untuk tetap di Surabaya untuk tetap survive, karena saya merasa bahwa di daalm saya ada potensi besar," katanya.

"Saya nggak mau jadi pembantu karena sebelumnya udah pernah jadi pembantu," kata Hesti.

Nggak nyangka kalo dia dulunya pernah jadi cleaning service (Instagram @detahesti)

Sebelum jadi pengusaha sukses, Hesti sendiri mengaku bahwa dia hanya lulusan SD. Dia nggak bisa melanjutkan pendidikannya karena tak ada biaya. Delta Hesti udah bekerja sejak berusia 12 tahun. Dia pernah jadi penyanyi jalanan hingga jadi cleaning service.

"Bapak dulu pemabuk, saya sekolah di salah satu SD, saya dapat beasiswa. Ketahuan saya seorang anak pemulung dan saya juga ngamen, dari situ saya merasa nggak layak. Saya sampe SMP, tapi semester satu aja nggak kuat untuk bayarnya," cerita Hesti.

"Saya bilang sama ibu 'ya udah lah bu, saya putus sekolah aja nggak apa'. Cuma keadaannya kalo belum 17 tahun itu kan nggak bisa kerja, nah itu saya kerjanya di yayasan karena masih di bawah umur," lanjut Hesti.

"Gaji saya waktu itu 300 ribu, bikin handicraft. Setelah itu beralih ke cleaning service di Dinas Pendidikan," kata Hesti.

Hingga akhirnya Delta Hesti bertemu dengan pacarnya kala itu, Tom Liwafa. Mereka berdua saling dukung dan kerja keras dan menjalankan bisnis online shop. Tapi, Tom Liwafa kini menjadi 'mantan pacar' setelah mereka berdua telah menikah dan dikaruniai dua orang anak.

Hesti dan "pacarnya" Tom Liwafa selalu kerja keras (Instagram @detahesti)

Sebagai satu keluarga yang kompak, Delta Hesti dan Tom Liwafa sukses enterpreneur dan menjalin kerja sama dengan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka juga telah membuka lapangan pekerjaan untuk bisnisnya di Surabaya.

"Kalo ngomongin susah sudah pasti susah. Ketika dilahirkan dari seorang tunawisma atau orang nggak punya, itu sudah pasti takdis, nggak perlu nyalahin," katanya.

"Cuma, kita menjadi sukses itu adalah pilihan, dan pilihan saya itu adalah sukses," lanjut Delta Hesti.

Itulah kisah Delta Hesti yang jadi crazy rich Surabaya. Nggak nyangka kalo dia adalah mantan cleaning service. Tapi hidupnya berubah dan terus bekerja keras bersama mantan pacarnya yang kini jadi suaminya.

Yap, kerja keras nggak akan menipu gengs! Semangat terus~

Yap, kerja kerasnya membuat dia jadi kaya raya dan nggak lupa sama kehidupan sebelumnya (Instagram @detahesti)