Terkenal Banget! Apa Sih Alasan Karakter SpongeBob Squarepants dan The Simpsons Diberi Warna Kuning?

Terkenal banget! Apa sih alasan karakter SpongeBob Squarepants dan The Simpsons diberi warna kuning?

Kita semua tau kalo karakter SpongeBob Squarepants terkenal banget. Dia adalah karakter yang digambarkan sebagai spons berwarna kuning.

Nggak cuma SpongeBob Squarepants aja sih yang warnanya kuning. Hampir semua karakter di serial kartun The Simpsons ... berwarna kuning gengs.

Ada apa sih sama warna kuning? Apa sih alasan karakter SpongeBob Squarepants dan The Simpsons diberi warna kuning?

Yap, warna kuning emang terkenal banget di dunia kartun. Ada karakter yang bener-bener berwarna kuning, atau setidaknya ada unsur warna kuning pada karakter tersebut.

Coba inget-inget lagi deh, Pikachu warna kuning. Sementara rambutnya Uzumaki Naruto, Sailor Moon, dan Son Goku juga warna kuning. Masih ada lagi nggak karakter kartun yang warnanya kuning lainnya?

Kuning sendiri udah menjadi warna paling favorit di kalangan animator dunia. Warna ini telah muncul sejak kartun pertama kali diberi warna. Soalnya sebelumnya kan cuma hitam putih aja tuh gengs.

Warna yang paling terkenal dalam dunia animasi ini dipilih bukan semata untuk terlihat lebih cantik. Mental Floss menyebut bahwa ada alasan lain di balik pilihan warna kuning tersebut.

SpongeBob Squarepants berwarna kuning (nytimes.com)

Hal ini sebenarnya bisa dijelaskan lewat kombinasi antara teori seni dan psikologi.

Skema warna karakter kartun umumnya dipilih untuk melengkapi latar belakang masing-masing karakter.

Pada SpongeBob Squarepants mislanya, warna biru sangat dominan menjadi setting atau latar belakang serial kartun tersebut. Ya, soalnya mereka diceritakan hidup di laut.

Dalam skala RGB yang digunakan di televisi, warna biru akan langsung kontras dengan warna kuning. Oleh karena itu, warna kuning cerah dipilih agar karakter tersebut bisa menarik secara visual.

Warna kuning bakal menarik secara visual (gyfcat.com)

Kalo itu adalah kehidupan di dalam laut, kehidupan di darat pun sama. Langit yang kita tau ya selalu berwarna biru cerah. Makanya warna kuning juga dipilih untuk memberi kontras warna dan menegaskan karakter kartun.

Warna-warna lain sebenarnya juga digunakan dalam pewarnaan beberapa karakter. Tapi, warna lain sebenernya hanyalah pelengkap dari warna kuning.

Di samping itu, warna kuning juga memiliki arti dan konotasi yang signifikan.

Karakter SpongeBob bakal kontras sama warna laut yang biru (pinterest.com)

Warna kuning sering dikaitkan dengan beberapa emosi seperti kebahagiaan, kegembiraan, dan kehangatan. Makanya, karakter kartun dengan warna kuning biasanya muncul sebagai protagonis atau pemeran utama di berbagai serial kartun.

Bajunya Saitama di serial anime One Punch Man juga kuning, kan? Bajunya Nobita di serial Doraemon juga kuning. Terkenal banget deh pokoknya.

Saitama juga pake baju kuning tuh (pinterest.com)

Sementara dalam serial kartun Amerika Serikat The Simpsons, warna kuning dipilih sebagai warna kulit hampir semua karakternya. Alasannya agar terlihat lebih alami untuk karakter mereka.

Warna kuning diyakini akan bisa langsung dikenali oleh para penonton. Apalagi yang rajin menggonta-ganti channel. 

Kalo ada karakter yang warna kuning pasti langsung keinget deh entah SpongeBob Squarepants atau keluarga The Simpsons.

Keluarga The Simpsons, semuanya warna kuning (looper.com)