Sihir Tidur Sebabkan Sejumlah Penduduk Kota di Kazakhstan Terlelap Berhari-hari, Kok Bisa Ya?

Sihir tidur sebabkan sejumlah penduduk kota di Kazakhstan terlelap berhari-hari. Kok bisa ya?

Kalachi merupakan kota kecil yang terletak di timur laut Kazakhstan. Keliatannya nggak ada yang spesial dari kota ini. Tapi cerita di baliknya bakal bikin kita bertanya-tanya: "Kok bisa ya?"

Pada Mei 2013 lalu, sejumlah penduduk Kota Kalachi dilaporkan terlelap selama berhari-hari. Mereka tertidur bersamaan secara misterius. 

Tak ada yang tahu secara pasti apa penyebabnya. Namun ada yang menyebut bahwa mereka semua tertidur karena kena sihir tidur.

Seorang pemerah susu bernama Marina Felk mengatakan bahwa dia biasanya memerah susu sapi setiap paginya. Lalu tiba-tiba dia tertidur begitu saja.

Marina kemudian terbangun dan mendapati bahwa dirinya sedang berada di sebuah bangsal rumah sakit. Marina pun tak bisa mengingat apa-apa setelah terbangun dari tidurnya.

Perawat yang bertugas pun menyambut Marina. Para perawat mengatakan, "Akhirnya, selama terbangun kembali putri tidur."

Marina benar-benar tidak mengingat satu hal pun. Marina dilaporkan telah tertidur selama dua hari dua malam akibat sihir tidur yang misterius tersebut.

Orang-orang kena sihir tidur di Kota Kalachi, Kazakhstan (naukrinama.com)

Mereka bisa tidur berhari-hari secara tiba-tiba (mysteriousfacts.com)

Kejadian serupa juga dialami banyak penduduk Kota Kalachi. Beberapa orang juga dilaporkan terlelap selama berhari-hari dalam beberapa gelombang periode tertentu.

Warga Kalachi yang terlelap berhari-hari itu diyakini terkena sihir tidur misterius tadi. Mereka bisa tidur antara dua hingga enam hari.

Warga kota kecil itu bahkan telah mempersiapkan berbagai keperluan ke dalam tas. Langkah ini dilakukan karena beberapa dari mereka bahkan telah terkena sihir tidur ini lebih dari sekali dan tiba-tiba terbangun di rumah sakit setempat.

Para dokter awalnya mengira bahwa ini bukanlah sihir. Penyebab penduduk Kalachi tertidur diduga karena buruknya kualitas vodka. Namun, pasien-pasien yang terkena sihir tidur itu diketahui sama sekali tidak mengonsumsi vodka.

Kemudian pada Mei 2013, sekitar Hari Paskah, gelombang kedua sihir tidur itu kembali melanda kota. Gelombang berikutnya terjadi lagi pada Tahun Baru 2014, dan sekali lagi terjadi pada libur sekolah musim panas Mei 2014.

Kota Kalachi, Kazakhstan (dailymail.co.uk)

Serangan sihir tidur yang terjadi dalam beberapa gelombang pun menarik minat para peneliti. Sejumlah besar ilmuwan datang ke Kalachi untuk mencari tahu penyebab orang-orang yang bisa tidur berhari-hari itu.

Para ilmuwan mengambil sampel darah, rambut, kuku pasien, tanah, dan udara di kota kecil tersebut. Setelah itu, para ilmuwan jadi curiga pada gas bawah tanah kota tersebut.

Kalachi sendiri diketahui berada di dekat Kota Krasnogorsk yang tertutup pada era Uni Soviet. Kota tertutup yang pernah dikontrol langsung dari Moskow juga sempat mengalami hal serupa: terserang sihir tidur.

Akibatnya, banyak penduduk kota yang memilih mengungsi dari Krasnogorsk.

Lebih jauh, penyebab dari sihir tidur yang misterius itu akhirnya terungkap. Ternyata semua ini berkiatan dengan tambang uranium yang berlokasi di sekitar kedua kota tersebut.

Semua orang bisa kena sihir ini (huffingtonpost.co.uk)

Ternyata semua ini disebabkan oleh tambang uranium (dailymail.co.uk)

Sejumlah penduduk kota tertidur tiba-tiba ternyata disebabkan oleh kekurangan oksigen. Hal ini terjadi karena tingginya kadar karbon monoksida dan hidrokarbon di Kalachi. Hal ini juga yang menyebabkan oksigen terkuras drastis.

Tingginya kandungan tersebut bisa memicu otak untuk mati. Akibatnya, banyak orang merasa kelelahan tak terkendali. Mereka pun akan langsung tertidur karena reaksi efek kimia gas tersebut.

Dengan begitu, terungkaplah bahwa orang-orang terlelah berhari-hari akibat terjadinya penguapan dari tambang.

Sihir tidur itu bukan mitos lagi. Efek dari penguapan tambang itu bahkan bisa membuat orang-orang jadi lupa ingatan. Beberapa lainnya juga dilaporkan terserang halusinasi.

Mereka semua tertidur karena kekurangan oksigen (dailymail.co.uk)

Seluruh penduduk mengevakuasi diri (siberiantimes.com)

Misha Plyukhin, seorang anak bercerita bahwa dia terserang halusinasi. Dia melihat bola lampu dan kuda terbang di sekitarnya.

Misha juga melihat ibunya memiliki delapan belalai. Misha ingat kalo dia melihat ular dan cacing yang keluar dari tempat tidur dan menggerogoti lengannya. Halunya ngeri banget lah ini.

Pada 2015, Wakil Perdana Menteri Kazahkstan, Berdibek Saparbaev menyatakan tambang uranium ditutup di beberapa titik. Warga yang tersisa di Kota Kalachi pun segera dievakuasi.

Akhirnya kota ini ditinggalkan penduduknya (siberiantimes.com)