Ternyata Mark Zuckerberg Kagum dan Berguru Pada Ilmuwan Islam Terkemuka, Ini Alasannya

Mark Zuckerberg berguru pada ilmuwan Islam, siapakah dia?

Siapa sih yang nggak tau Mark Zuckerberg? Ia dikenal sebagai pendiri Facebook dan salah satu orang terkaya di dunia. 

Ternyata Mark sendiri kagum dengan buku sejarah Islam dan ilmuwan Islam. Sebelumnya, pada tahun 2015, ia pernah mengungkapkan kalo salah satu keinginannya adalah membaca buku penting dan mendiskusikan dengan para netizen Facebook. Kemudian, buku Islam menjadi pilihannya juga. 

The Muqaddimah jadi salah satu yang dipilih Zuckerberg. Buku tersebut berisi tentang sejarah manusia dan alam semesta. Penulisnya adalah ilmuwan Islam, Ibn Khaldun.

Melansir CNN, statusnya pada 2015 tertulis, " Ini merupakan sejarah dunia yang ditulis seorang cendikiawan yang hidup pada tahun 1300-an. Buku ini fokus pada kehidupan masyarakat dan aliran budaya. Termasuk, penciptaan kota, politik, perdagangan, dan ilmu pengetahuan."

Mark Zuckerberg (idxchannel.com)

Nggak cuma itu saja, Mark Zuckerberg dikatakan mengagumi ilmuwan Islam lainnya, yakni Al-Khawarizmi. Ia adalah sosok yang mempelopori algoritma. Selain itu, Al-Khawarizmi juga mengenalkan konsep trigonometri yang terdiri dari sinus, cosinus, tangens, cotangens, secan, serta cosecan.

The Muqaddimah (republika.co.id)

Mark Zuckerberg pernah mengatakan, "Saya heran ada orang-orang yang terlalu mengidolakan saya. Padahal saya sangat mengidolakan ilmuwan Muslim Al-Khawarizni karena tanpa Algoritma dan Aljabar, maka jangan pernah berminpi ada Facebook, What's App, BBM, Line, games bahkan komputer."

Gimana menurut kalian gengs?

Al-Khawarizmi (codepolitan.com)