7 Aktivitas yang Seharusnya Nggak Dilakukan Saat Capek

Capek tapi tetap beraktivitas nggak papa. Tapi bukan 9 aktivitas ini ya

1. Memaksa nge-gym

Nggak ada gunanya memaksakan diri saat tubuh capek dan letih. William Suggs, pelatih olahraga dan gizi di New York, bilang begitu. Karena nge-gym saat lelah bisa beresiko saat capek. Bisa menyebabkan kram atau dislokasi otot.

Saat capek, akan lebih rentan mengalami cedera. Ini disebabkan nggak fokus saat olahraga. Kalopun lelah dan pengen olahraga, pilih seperti berjalan atau bersepeda.

2. Anggapan tentang minuman kafein 

Menyeduh kopi sepanjang hari dianggap bisa jadi cara terbaik untuk menghadapi Senin yang sibuk. Tapi ini sebenarnya akan menyebabkan sakit. Dan akan menjadi semakin lemah saat efek kafein dalam tubuh habis. 

Kafein, maksimal bisa menjadi dopping selama 5 jam. Setelahnya energi yang dipakai dari pembakaran makanan yang dikonsumsi. 

Sarannya, kurangi minum atau makanan yang mengandung kafein setelah jam 1 siang. Penggantinya, kunyah aja permen karet peppermint. Peppermint bisa menstimulasi syaraf otak. Jadi tetap bisa terjaga dan waspada pada jam-jam tercapek.

3. Bikin gara-gara

Ketika capek, ketidaksepakatan meningkat. Apalagi karena kurang tidur, emosi jadi nggak terkendali. 

Tanpa tidur cukup, otak nggak bisa menempatkan konteks dan respons pengendali dengan tepat. Jadi, emosi meluap-luap.

sbs.com.au

4. Tidur siang

Jika tidur siang dengan jumlah waktu yang tepat nggak masalah. Tapi kalo tidur siang berkepanjangan. Membaut malamnya nggak bisa tidur. Dan, besoknya masih akan merasakan capek. 

Tidur siang yang bagus itu 20 hingga 30 menit. 

5. Makan nggak sehat

Saat capek rentan makan makanan nggak sehat. Kontrol otak jadi tumpul. Dan keinginan untuk makan makanan berlemak dan kalori tinggi semakin besar. 

Saat capek, tubuh mencari pelepasan dopamin. Jadi saat makan nggak sehat yang kita suka. Maka akan jadi lebih merasa bahagia. 

Makanan yang sehat dimakan saat lelah adalah sayuran dan ayam tanpa lemak yang dikukus. Lebih sempurna lagi jika seimbang seperti nasi merah, sayuran dan daging tanpa lemak.

6. Melakukan hal penting

Sebuah penelitian dari Medical Center Duke University mengatakan. Bahwa ketika kurang tidur, lebih mungkin kita akan melihat sesuatu sebagai positif dan kurang mengenali hal negatif. Jadi, saat capek karena kurang tidur, baiknya nggak melakukan hal penting. 

Karena semua akan terlihat bagus. Tapi keputusan tidak akan maksimal. Cara terbaiknya adalah ketika akan melakukan hal penting, tidurlah cukup.  

7. Curhat ke sosial media

Mungkin banyak yang beranggapan sosial media jadi tempat curhat. Tapi disini disarankan tidak dilakukan saat capek. Saat capek, butuh istirahat. Bukan mencari kegiatan lagi. 

studybreaks.com