Negara Kolonial Pemilik Wilayah Jajahan Terbesar di Masa Lalu

Di masa lalu sejumlah negara kolonial memiliki wilayah jajahan yang sangat luas. Berikut adalah negara penjajah terbesar yang pernah ada.

Saat ini penjajahan satu negara ke negara lain hampir sudah tidak ada lagi. Tetapi dalam sejerah masa lalu, dunia pernah mengalami masa kolonial yakni saat satu negara mencoba untuk menjajah negara lain.

Beberapa negara sangat maju dalam meluaskan daerah kekuasaanya. Bahkan mencapai benua lain. Ini yang disebut dengan koloni. Mereka lah yang membentuk wajah negara bangsa saat ini. Yuk kita simak negara mana saja yang memiliki wilayah jajagan terbesar gengs.

1. Negara Belanda

Tentu kita sangat paham kalau Negara Belanda adalah salah satu negara penjajah dengan wilayah jajahan terbesar. Lha orang mereka ngejajah negara kita yang emang udah luas duluan ya kan gengs. 

Tetapi lebih dari itu, seperti ditulis dalam World Atlas, Belanda menjajah di banyak wilayan bahkan diantaranya merupakan negara-negara Eropa sendiri. Bekas jajahan Belanda antara lain Belgia, Brazil, Pantai Gading, Indonesia, Luxembourg, Amerika Serikat, Sri Lanka, Taiwan, Afrika Selatan, dan Suriname.

Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar (quora.com)

2. Negara Prancis

Prancis termasuk salah satu negara yang dulunya memiliki wilayah jajahan terluas di dunia. Seperti dicatat dalam Global Security, Prancis pernah memiliki area koloni seluas lebih dari 10 juta km persegi. 

Kekuasaan Prancis terbanyak berada di benua Afrika. Daerah seperti Kongo, Sudan, dan Madagaskar dulunya merupakan daerah kolonial Prancis secara administratif. Tak heran banyak negara di Afrika yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi mereka.

Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar

3. Negara Turki

Penjajahan terjadi tak hanya pada masa perang dunia saja. Seperti ditulis dalam Britannica, Turki yang dulunya bernama Kekaisaran Ottoman juga pernah memiliki wilayah yang sangat luas di bawah kekuasaannya, bahkan mencakup tiga benua utama, yakni Eropa, Asia, dan Afrika. 

Kekaisaran Turki pada masa itu sangat disegani oleh bangsa-bangsa lainnya. Kekuasaan Ottoman terus menyebar di wilayah Eropa Tenggara, dan akhirnya mencakup di sebagian wilayah strategis Eropa. Praktis pada era tersebut, hanya Inggris yang mempu mengimbangi kekuasaan Turki.

Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar (columbiaspectator.com)

4. Negara Spanyol

Bisa dibilang kalau Negara Spanyol adalah negara nenek moyang penjajahan modern. Mereka yang pertama kali melakukan penjelajahan dunia hingga menemukan benua Amerika. Kekuasaan Negara Spanyol pun mengglobal.

Spanyol bahkan juga pernah menjajah negara-negara tetangganya sendiri seperti Italia, Belanda, Belgia, dan Portugal. Banyaknya wilayah jajahan Spanyol di zaman dulu membuat Spanyol juga memiliki banyak musuh dan pesaing, seperti Prancis dan Inggris.

Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar (jamaicaglobalonline.com)

5. Negara Inggris

Jika Spanyol nenek moyang penjajahan, maka Negara Inggris adalah embahnya penjajahan. Wilayah jajahan Inggris sangat luas dan banyak. Mulai dari Amerika Serikat, Kenya, Uganda, Kepulauan Zanzibar, India, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, Singapura, Kepulauan Salomon, Australia, dan berbagai wilayah Asia yang lain. 

Bahkan hingga saat ini, banyak daerah kekuasaan Inggris tersebut yang sekarang masuk ke dalam negara-negara di bawah administratif kerajaan. Gibraltar, Bermuda, Kepulauan Cayman, dan seluruh negeri persemakmuran Inggris adalah wilayah dalam kuasa administratif Inggris.

Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar (anglotopia.net)