Biar Nggak Salah Beli, Kenali Dulu Jenis-Jenis Kurma Yang Paling Populer Di Dunia

Ternyata kurma itu jenisnya banyak banget dan punya ciri khas berbeda juga. Yuk kenali ada apa aja sih jenisnya!

Setiap bulan Ramadan, kurma banyak dicari orang untuk berbuka puasa. Dari pedagang kaki lima sampai supermarket, akan sangat mudah mencari buah manis ini. Selain buahnya, pasti banyak juga makanan dan minuman dengan campuran kurma, dari kopi, jus, sampai kue dan puding. 

Kalau kamu lagi mau cari kurma, mending cek dulu deh jenis-jenis kurma yang banyak dijual di pasaran. Meski rasanya sama-sama manis, tapi ternya tiap kurma punya ciri khas tertentu lho. 

Yuk simak jenis-jenis kurma yang mesti kamu ketahui~ 

Kurma Ajwa

Kurma yang satu ini dikenal dengan nama kurma nabi, karena memang merupakan favoritnya Nabi Muhammad SAW. Karakteristik kurma ajwa adalah warnya yang kehitaman, dagingnya kering, tapi rasanya manis. Ajwa ini termasuk jenis kurma paling populer dan paling banyak dicari lho~ 

Jenis kurma (Subhay.com)

Kurma Medjool

Kalau kurma medjool ini ciri khasnya punya warna kemerahan dan rasa manisnya bakalan mengingatkan kita akan karamel. Kebanyakan jenis kurma ini tumbuh di Afrika bagian utara.  Penampilan medjool ini luarnya kelihatan kering, tapi bagian dagingnya lengket dan lembut. Malah, semakin kering kurma ini , rasanya makin manis. 

Jenis kurma (Amplefoodstore.com.au)

Kurma Sukari

Nah, kalau kurma sukari ini jadi favoritnya para raja di Arab Saudi, makanya sering juga disebut kurma raja. Rasa manisnya terbilang pas, nggak sampai kemanisan banget. Ciri khasnya adalah bentuk bulat dan ukurannya besar-besar. Warnanya cokelat muda, dagingnya lembut dan lumer pas udah sampai lidah, pun bagian luarnya nggak terlalu kering.

Jenis kurma (Freepik.com)

Kurma Zaghloul

Yang satu ini unik banget. Soalnya, warna kurmanya merah dan bentuknya memanjang. Sekilas mirip melinjo ya? Jenis zaghloul ini populer banget lho di Mesir dan harganya juga lebih mahal. 

Jenis kurma (Sarasorganicfood.com)

Deglet Noor

Jenis kurma daglet noor ini teksturnya agak kering dan renyah pas dimakan. Rasanya nggak terlalu manis dan biasa dipakai buat campuran makanan kayak kue atau puding. Kurma yang ini populer di Aljazair, Libya, Tunisia, Inggris, sampai ke Amerika. 

Jenis kurma (Bienmanger.com)

Kurma Barhi

Nah, kalau kurma barhi ini yang bisa dijual dalam kondisi masih muda, jadi warnanya pun kuning. Kurma yang biasa disebut honey balls ini emang udah bisa dimakan pas belum matang sempurna. Malah, teksturnya jadi lebih renyah kayak makan buah apel. Unik ya? Tapi rasanya kurang manis dan agak sepat. Kalau pengen lebih manis, bisa pilih yang matang ya. 

Jenis kurma (mbg.com.my)