RA Kartini Ternyata Suka Jajanan Ini

Gak nyangka ternyata RA Kartini suka makan loh dan berikut daftar makanan kesukaan beliau.

Sapa sih yang gak kenal ama RA Kartini, salah satu pejuang emansipasi wanita di negara kita yang berjuang dengan gigih melawan penindasan wanita di masa itu.

Dan beliau jadi idola para wanita hingga saat ini. Tapi, jangan ngaku idola "pencipta buku habis gelap terbitlah terang" ini gengs kalau belum tau makanan kesukaannya. Yuk kita kepoin.

Makanan kesukaan RA Kartini

NASI LIWET AYAM

Pasalnya, di buku Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara, tertuliskan resep nasi liwet ayam yang menjadi favorit RA Kartini gengs. Gimana? Apa kalian juga suka?

NASI LIWET AYAM (Tribunnews.com)

SUP PANGSIT JEPARA

Konon katanya pejuang emansipasi perempuan ini demen juga ama yang namanya sup pangsit dari Jepara. Duh jadi penasaran deh gimana rasanya.

SUP PANGSIT JEPARA (Bukalapak.com)

GAPITAN DAGING KEDIRI

Tahu ga gengs, gapitan daging kediri adalah daging sapi yang dipotong, dipipih, dan dibakar seperti sate. Hanya bumbunya aja yang berbeda. Dan ini juga makanan kesukaan beliau, hemmm...yummy.

GAPITAN DAGING KEDIRI (Korankampusipb.com)

PECEL DAUN SEMANGGI

Ada banyak jenis pecel di Indonesia, namun pecel daun semanggi hadir dengan gaya berbeda, yaitu dengan isian yang hanya berupa daun semanggi dan tauge. Daun semanggi sendiri memiliki bentuk khas pada kelopak daunnya yang simetris dan daun ini biasanya tumbuh di pinggir sawah. 

Biasanya sih, pecel daun semanggi dimakan bersama kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi yang dihaluskan dan dikeringkan. Waduh enaknya....

PECEL DAUN SEMANGGI (detik.com)

NASI BOGANA

Tahukah kalian gengs, salah satu makanan favorit RA Kartini ini adalah hidangan nasi yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk gitu gengs.

NASI BOGANA (Unilever.com)

BEBEK BETUTU

Sapa sih yang gak tau makanan khas Bali ini? makanan ini terbuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang, sehingga rapat. Bebek tersebut ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam hingga matang. Duh pingin~

BEBEK BETUTU (ResepKoki.com)

AYAM BESENGEK

Ayam besengek adalah ayam yang diungkep dengan santan lalu dipanggang. Sekilas mirip ayam panggang biasa pada umumnya yang kaya akan rempah, namum ayam besengek tidak menggunakan tomat. Ayam besengek dulunya menjadi makanan favorit para bangsawan di Jawa Tengah. Termasuk juga Ibu Kita Kartini gengs hihi.

AYAM BESENGEK (IDNTimes.com)

KETEP ANTEP/ASEM_ASEM

Kuah ketep antep biasanya bening, dan tanpa genangan lemak daging. Cita rasnya asam, pedas menyegarkan. Untuk membuat kuahnya, kaldu sapi direbus bersama asam jawa dan daun salam. Beberapa cabai hijau utuh juga menjadi isian ketep antep.

Nah jadi itulah deretan makanan kesukaan RA Kartini gengs. Jadi tahu kan sekarang apa makanan kesukaan beliau? Sapa yang pengen coba?

KETEP ANTEP (Selerasa.com)