Deretan Bahasa Tertua Berusia Ribuan Tahun di Dunia yang Masih Digunakan Sampe Sekarang

Deretan bahasa tertua berusia ribuan tahun di dunia yang masih digunakan sampe sekarang. Kamu nguasai yang mana?

Bahasa adalah salah satu modal penting dalam pergaulan dan berkomunikasi. Kamu nguasain bahasa apa nih gengs? Rata-rata anak jaman sekarang sih minimal menguasai bahasa Inggris lah ya~

Bahasa Inggris mungkin salah satu bahasa tertua di dunia. Tapi ternyata ... bahasa ini masih tergolong lebih 'muda' ketimbang bahasa-bahasa tertua lain yang berusia ribuan tahun di dunia.

Kali ini kita mau mengulas deretan bahasa tertua yang berusia ribuan tahun di dunia yang masih digunakan sampe sekarang. Kamu nguasain yang mana nih?

#1 Tamil

Bahasa Tamil adalah salah satu bahasa tertua di dunia. Bahasa ini bahkan masih digunakan orang-orang sampe sekarang, dituturkan oleh lebih dari 78 juta orang di dunia.

Bahasa Tamil adalah satu-satunya bahasa klasik di dunia yang masih bertahan sampe sekarang, di jaman modern ini. Bahasa Tamil tidak seperti dua bahasa lain yang sama tuanya seperti bahasa India Kuno dan bahasa Sanskerta yang berhenti digunakan.

Para peneliti menemukan bahwa bahasa ini eksis sejak 300 SM dalam sebuah prasasti. Bukti lain menyebutkan bahwa ilmuwan percaya bahasa Tamil yang digunakan di Sri Lanka dan Singapura ini pertama kali muncul 2500 SM, usianya ribuan tahun gengs.

Bahasa Tamil terus berkembang hingga kini dan jadi salah satu bahasa yang digunakan di dunia.

Bahasa Tamil masih eksis sampe sekarang (shutterstock.com)

#2 China

Bahasa tertua di dunia selanjutnya adalah bahasa China. Bahasa ini digunakan oleh banyak orang di dunia dan mulai digunakan sejak 1250 SM di akhir dinasti Shang.

Karena usianya udah ribuan tahun, banyak perkembangan bahasa China. Misalnya dialek dan variasi seperti Mandarin, Kanton, hingga Hokkien. Jumlah penutur bahasa China sendiri diperkirakan lebih dari 1,2 miliar orang di China dan seluruh dunia.

Bahasa China sendiri menjadi satu dari enam bahasa resmi PBB.

Bahasa China juga salah satu yang tertua di dunia nih (unsplash.com)

#3 Ibrani

Bahasa Ibrani tadinya bukan bahasa yang resmi digunakan oleh penduduk Israel untuk komunikasi sehari-hari. Bahasa ini mulai eksis tahun 400 Masehi dan dijadikan bahasa liturgi orang Yahudi di dunia hingga jadi salah satu bahasa resmi pada abad ke-19 dan 20, setelah Perang Dunia II.

Bahasa Ibrani sendiri diperkirakan telah eksis dalam 5.000 tahu terakhir. Dalam sebuah peninggalan tertulis, bahasa Ibrani telah digunakan masyarakat sejak tahun 1000 SM.

Bahasa Ibrani modern emang udah banyak berubah sih, tapi tetap masih bisa dimengerti para penutur asli kok. Bahasa ini diperkirakan digunakan 9 juta orang di dunia.

Bahasa Ibrani juga masih digunakan sampe sekarang (haaretz.com)

#4 Farsi

Bahasa Farsi adalah salah satu bahasa tertua yang berusia ribuan tahun di dunia. Bahasa Farsi mungkin kurang akrab di telinga kita, tapi bahasa ini eksis di Iran, Afganistan, dan Tajikistan modern.

Bahasa ini populer dengan sebutan bahasa Persia. Bahasa ini diyakini udah digunakan sejak jaman Kekaisaran Persia. Bahasa Farsi atau Persia ini telah ada sejak 600 SM silam. 

Bahasa ini kemudian berevolusi jadi modern tahun 800 Masehi. Bahasa ini turut mempengaruhi bahasa lainnya seperti bahasa Urdu. Pokoknya masih eksis setelah digunakan berabad-abad lamanya.

Bahasa Farsi atau Persia termasuk yang tertua di dunia (unsplash.com)

#5 Basque

Anak HI pasti tau deh di mana letak wilayah Basque. Letaknya berada di pantai utara Spanyol dan punya bahasa sendiri yang masih eksis sampe sekarang.

Awal mulanya, bahasa ini misterius banget. Soalnya bahasa ini digunakan di kawasan Spanyol dan Prancis yang kental banget dengan pengaruh bahasa Latin. Tapi ternyata, bahasa Basque gak ada kaitannya sama sekali sama bahasa Latin gengs.

Para ilmuwan masih belum bisa menentukan asal-usul bahasa Basque ini. Tapi yang pasti, bahasa ini udah digunakan sebelum pasukan Romawi berkuasa di Spanyol pada abad ke-2 Masehi silam. Bahasa Basque kemungkinan bahasa paling tua di Eropa Barat.

Bahasa Basque termasuk yang tertua di Eropa dan dunia lho (theculturetrip.com)

#6 Yunani

Bahasa Yunani juga termasuk bahasa tertua yang usianya udah ribuan tahun nih. Bahasa Yunani pastinya digunakan oleh para filsuf, tokoh intelektual, hingga para ilmuwan di masa Yunani Kuno.

Hingga kini, bahasa Yunani digunakan lebih dari 13 juta orang dan berasal dari 1500 SM. Termasuk yang tertua nih. Zeus, Poseidon, Hera, Hercules pasti tau bahasa ini. Hehehe.

Catatan lain menunjukkan bahasa ini diperkirakan udah ada sejak 3000 SM meski bukti artefak paling tua ditemukan berasal dari tahun 1450 SM. Hingga kini, bahasa Yunani juga digunakan banyak orang di beberapa negara seperti Yunani, Siprus, Italia, Turki, dan Albania.

Bahasa Yunani pasti digunakan dari jaman filsuf dulu ya~ (flickr.com)

#7 Lithuania

Nah, bahasa Lithuania diyakini sebagai bahasa tertua di Eropa. Katanya nih, bahasa Lithuania ini mempengaruhi sebagian besar bahasa-bahasa yang eksis di Eropa. Perkembangan bahasa Lithuania berubah menjadi bahasa Jerman, Italia, dan Inggris.

Bahasa ini telah berusia ribuan tahun, dan diperkirakan telah digunakan untuk  berkomunikasi sejak 3500 SM. Bahasa Lithuania juga disebut yang paling konservatif, sama seperti bahasa tertua di dunia lainnya seperti Sanskerta, Latin, dan Yunani Kuno.

Itulah deretan bahasa tertua yang berusia ribuan tahun di dunia. Kamu nguasain bahasa yang mana nih gengs?

Bahasa Lithuania diyakini yang paling tua di Eropa (unsplash.com)