Lima Sungai Paling Indah di Dunia, Airnya Jernih Karena Rendah Pencemaran

Perasaan takjub akan menyeruak begitu kalian melihat jernihnya air di sungai ini gengs. Mereka hampir tidak pernah mengalami pencemaran.

Apa yang kalian bayangkan begitu mendengar kata sungai. Pasti jawabannya berbeda-beda tergantung tempat tinggal kalian. Kalau kalian tinggal di kawasan perkotaan, sungai selalu identik dengan keruh, cemar, dan bahkan penyebab banjir.

Namun berbeda dengan sungai-sungai di kawasan pedalaman ini. Mereka masih sangat bersih dan jernih airnya. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk membuat sejumlah sungai di bawah ini sangat jarang mengalami pencemaran. Hingga menjadi sungai paling indah di dunia.

1. Sungai Caragh - Irlandia

Beberapa spesies ikan air tawar hidup di dalam sungai ini. Termasuk ikan salmon yang terkenal. Hanya saja tidak setiap waktu dapat ditemukan. Kalau ingin memancing salmon, kalian harus datang pada musimnya yaitu sekitar 17 Januari-30 September. Ada juga ikan trout cokelat yang mampir di sungai padda tanggal 15 Februari-12 Oktober. Sepanjang catatan sejarah, sungai ini mengalami pencemaran yang sangat minim.

Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (satnavandcider.wordpress.com)

2. Sungai St. Croix - Amerika Serikat

Sungai St. Croix bisa dibilang menjadi usaha manusia paling sukses untuk mengembalikan keremajaan sungai. Dulu sungai ini sempat kotor karena tersumbat oleh kayu dan aktivitas perambahan hutan lainnya. Namun melalui National Wild and Scenic Rivers Act di yahun 1968, St. Croix kembali menjadi habitat yang baik untuk sejumlah ikan lokal di sana. Dengan panjang sungai 272 kilometer, menghasilkan debit air besar yang kemudian digunakan menjadi pembangkit listrik tenaga air untuk mengaliri Kota Minneapolis dan Saint Paul.

Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (twincities.com)

3. Sungai Tara - Montenegro, Boznia Herzegovina

Saking indahnya, sungai yang membentang dari Boznia Herzegovina sampai Montenegro ini dijuluki sebagai Permata Eropa. Serunya, kalian bisa melakukan sejumlah aktivitas untuk menikmati sungai ini. Salah satunya dengan bisa berolahraga rafting di Sungai Tara. Ini didukung oleh arus sungai yang cukup deras sehingga akan semakin memacu adrenalin. Mata kita pun akan dimanjakan dengan birunya sungai serta tebing dan hutan yang indah di kanan kiri.

Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (lonelyplanet.com)

4. Sungai Torne - Swedia, Finlandia

Bisa dibilang, sungai ini murni dan sangat bersih karena terletak jauh dari pemukiman manusia. Lokasinya menjadi perbatasan antara negara Swedia dan Finlandia. Panjang sungai Torne mencapai 522 kilometer dan memiliki aliran air 370 m3/s. Sama seperti Sungai Caragh, kamu juga bisa memancing ikan salmon di sini. Berat rata-rata ikan salmon yaitu 6-8 kilogram per ekor.

Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (keri-harvey.com)

5. Sungai Umngot - India

India tidak hanya memiliki sungai Gangga yang terkenal akan kesuciannya. Di Kota Dawki di negara bagian Meghalaya terdapat sungai yang bernama Wah Umngot. Meghalaya sendiri terletak di wilah utara India berupa wilayah pegunungan. Sungai Umngot mengalir di India dan Bangladesh dan menjadi penghubung antara kedua negara tersebut. Kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling sungai ini. Airnya sangat jernih sehingga membuat kamu betah dan gak ingin pulang!

Lima sungai di dunia yang paling bersih aliran airnya (assamholidays.com)