5 Tips Komunikasi Untuk Pasangan WFH, Biar Gak Bingung Karena Keseringan Ketemu

Jarang ketemu susah, keseringan ketemu juga jadi bosen dan canggung.

Pas lagi sibuk rasanya gak ada waktu buat ketemu dan dikit banget waktu liburan bersama. meski kamu dan pasangan tinggal dalam satu rumah. Udah capek sama kerjaan masing-masing.

Saat ada social distancing dan work from home (WFH) kalian jadi sering banget ketemu di rumah. Mungkin ada yang biasa aja sih. Tapi bisa jadi beberapa pasangan malah dapet masalah.

Bingung antara membagi waktu buat ngurusin kerjaan dan kegiatan rumah. Biar bagaimanapun WFH bukan liburan. Kalian tetep punya kerjaan masing-masing.

Bisa jadi juga ada yang bosen dan canggung karena harus bekerja di rumah berdua. Malah gak bisa fokus buat kerja. Ada loh gengs.

Kalian akan menghadapi dinamika yang berbeda karena tinggal dan bekerja dari rumah dari pagi, siang, dan malam. Semua kebersamaan itu dapat mengakibatkan beberapa gesekan jika tidak terbiasa berada bersama sepanjang waktu. Komunikasi yang efektif dengan pasangan ketika sedang bekerja dari rumah sangat berharga sekarang.

"Di era social distancing ini, bekerja dari rumah dengan pasangan  dapat menyebabkan ketegangan dan gesekan yang sebelumnya mungkin gak terjadi," kata Christie Tcharkhoutian, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi dan mak comblang profesional di Three Day Rule.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan komunikasi, sehingga kamu bisa menjaga kedamaian saat bekerja dari rumah.

1. Bicara tentang kebutuhan ruangan

Jika kurangnya ruang pribadi adalah sumber masalah dalam situasi WFH , Dr. Gary Brown, seorang terapis pasangan terkemuka di Los Angeles, menyarankan untuk mengambil pendekatan proaktif dengan memulai percakapan seputar kebutuhan satu sama lain sejak awal.

Dia merekomendasikan untuk mengajukan pertanyaan seperti: 

"Apakah salah satu dari kalian lebih pribadi daripada yang lain dan membutuhkan lebih banyak ruang? Apa yang kalian butuhkan untuk bekerja di ruang terbatas? Seberapa tenang susana yang diinginkan?"

Kemudian, pastikan untuk menindaklanjuti dengan memberikan satu sama lain ruang yang udah kalian.

Bicara tentang kebutuhan ruangan (theverge.com)

2. Cari cara yang tepat untuk membantu satu sama lain

Kebutuhan kalian harus menjadi percakapan yang berkelanjutan, Dr. Brown mengatakan,

"Luangkan waktu di awal setiap hari kerja dan ajukan pertanyaan pada pasangan: 'Apa yang bisa aku lakukan untuk membuat harimu lebih mudah hari ini?' Cukup dengan menanyakan pertanyaan itu kemungkinan akan sangat membantu karena mengirimkan pesan bahwa kamu sadar bahwa mereka mungkin memiliki beberapa kebutuhan yang ingin Anda penuhi untuk mereka, jika memungkinkan."

Cari cara yang tepat untuk membantu satu sama lain (today.id)

3. Batasi pembicaraan negatif

Bekerja butuh suansana tenang dan nyaman agar lebih produktif fan gak bikin mood jelek. jangan membicarakan hal negatif di tengah jam kerja. ya WFH tetap ada jam kerjanya. Kalau waktunya kerja ya kerja aja udah.

4. Empati

Cara menjaga jalur komunikasi kalian agar tetap damai dan lancar adalah dengan menjaga empati. Memahami apa yang diinginkan sama pasangan dan paham gimana kerjaan dia.

Supaya gak ada konflik, kalau sedang kerja yan harus punya empati dan saling memahami.

Empati satu sama lain (hernorm.com)

5. Pilih-pilih percakapan

gak semua hal harus dibicarakan dalam situasi genting seperti ini. Misalnya kalian bisa membahas hal-hal yang positif aja. Menghindari perdebatan yang gak perlu.

Berdebat juga membutuhkan energi gengs, jadi jangan sia-siakan energi untuk membahas hal-hal yang gak penting. Misalnya peselisihan pendapat politik atau berita infotainment.