Pria Saudi Tolak Rp47 Miliar Demi Sebuah Batu Seberat 131 Gram, Kok Bisa Sih?

Kalau ternyata bukan kan rugi, gak jadi dapat gelar miliader.

Masih ingat kisah tentang burung Ababil yang membawa batu dari nereka gengs? Meski udah terjadi ribuan tahun silam, jejak sejarah kejadian itu masih ada sampai sekarang loh.

Seorang pria Saudi bernama Saleh Al Musfer Gamdi mengklaim menemukan batu yang dibawa oleh burung Ababil tersebut. Dia yakin kalau batu yang ditemukannya adalah batu yang sama. Dibawa burung Ababil untuk menyerang pasukan Gajah yang hendak menyerang Ka'bah.

Batu itu ditemukan ketika Gamdi mau berburu dan melintas di pegunungan terjal. Dekat dengan perbatasan Yaman. Gamdi menemukan batu itu di bagian selatan lembah Jarb.

Daerah ini dulunya adalah Green Wadi. Tempat Abrahah dan tentara gajah itu tinggal selama jangka waktu tertentu sebelum menuju Mekkah. Dulu Abraha merasa iri ketika kota Mekah di Arab Saudi dikunjungi banyak orang Arab yang ingin melakukan ziarah setiap tahun.

Dia memiliki keinginan besar untuk menghancurkan Ka'bah dan mengalihkan jamaah Arab ke Yaman karena punya kuil besar yang dibangun sama Abrahah.

Pertempuran Abrahah dengan pasukan gajah (history.com)

Tentara Abraha punya peralatan perang lengkap gengs. Ada baju besi dan gajah yang akan digunakan untuk merobohkan ka'bah. Tentara kuat dan gajah itu cuma buat mengahancurkan Ka'bah. Bukan penduduk  Mekah.

Beberapa waktu sebelum kedatangan pasukan Abraha, Abdul Muttalib menginstruksikan orang-orangnya untuk berlindung dan mengungsi segera di belakang bukit dekat Mekah.

Tetapi bantuan Tuhan datang sesuai dengan Alquran. Burung-burung Ababil melemparkan batu panas ke gajah dan tentara Abrahah. Hingga akhirnya mereka kalah.

Perbatasan Yaman lembah Jarb (adventuresoflilnicki.com)

Kenapa Gamdi bisa yakin banget kalau batu itu adalah yang dibawa burung Ababil? Batu berwarna hitam kelabu dengan bagian luar cukup halus itu ada gambarnya gengs. Bergambar burung dan gajah yang melambangkan pertempuran Abrahah di tahun gajah. Berat batu itu sekitar 131 gram.

Hal ini udah disetujui sama para ahli yang meneliti batu itu. Usia batu itu emang sekitar 1.442 tahun silam. Kisah heboh ini mencuat pada 2012 silam. Usia batu itu kini 1.450 tahu ya gengs.

"Setelah serangkaian pesan dan panggilan telepon, mereka mengatakan mereka akan membeli batu untuk USD4 juta tetapi saya menolak untuk menjualnya. Beberapa saat kemudian, departemen pariwisata di Baha (Saudi Arabia selatan) meminta saya untuk menyerahkan batu tetapi saya lebih lagi menolak," katanya saat itu.

Batu peninggalan burung Ababil (emirates247.com)