Pengertian Herd Immunity, Dikatakan Bisa Atasi Wabah Virus Corona?

Apa itu herd immunity? Konon Inggris akan menggunakannya untuk nanganin wabah corona.

Saat ini banyak masyarakat melakukan social distancing. Demi apalagi kalo bukan mencegah penyebaran virus corona. Vaksin corona pun masih dikembangkan. 

Tapi ada cara lain yang diduga bisa mengatasi pandemi corona ini dan nggak semua orang tau, yakni herd immunity. Herd immunity terjadi saat virus dibiarkan menyebar.

Sehingga, banyak orang terinfeksi dan kalo mereka sembuh, banyak orang bakal kebal. Akhirnya, wabah ini bakal hilang dengan sendirinya. Alasannya, karena si virus nggak bisa menemukan host dan inang buat dihinggapi. 

Melansir Technologyreviews.com, ide tentang herd immunity ini muncul di Inggris dan dikatakan perdana menteri Boris Johnson. Dia mengindikasikan strategi tersebut dan biarin virus corona menyebar begitu aja. 

virus corona (suara.com)

Bahkan, kepala penasehat ilmu pengetahuan pemerintah Inggris, Patrick Vallance juga mengatakan kalo negara Inggris perlu membangun herd immunity agar banyak orang kebal sama corona. 

Nggak cuma itu aja, perdana menteri Belanda, Mark Rutte juga mengatakan, "Kita dapat memperlambat penyebaran virus sementara pada saat yang sama membangun kekebalam kelompok dengan cara yang terkendali."

covid-19 (grid.id)

Akan tetapi, banyak yang mengkritik ide ini. Soalnya, sebagian orang yang terkena virus corona bisa sampai sakit parah banget. Bahkan, ada yang meninggal. Rumah sakit pastinya juga akan kedatangan pasien yang membludak. 

Matt Hancock, sekretaris Inggris untuk kesehatan dan sosial mengkritik kalo herd immunity bukanlah tujuan mereka. Itu cuma konsep sains saja. 

Meski ada ide untuk herd immunity ini, tetapi sampai saat ini Inggris tetap mengisyaratkan melakukan pencegahan demi menekan virus corona. Salah satunya, dengan mengurangi pertemuan sosial. 

Kalo menurut kalian gimana gengs soal konsep herd immunity?

herd immunity (thailandmedical.news)