Sering Hujan Bikin Gampang Kena Flu? Lawan dengan 5 Gerakan Yoga Ini

Gerakan yoga sederhana biar kamu gak gampang kena flu nih gengs.

Sering hujan dan cuaca dingin, bikin kita lebih rentan kena flu dan batuk. Apalagi kalau sering kerja di luar dan kehujanan. Kudu baik pertahanan tubuhnya, biar gak gampang sakit.

Kalau kamu males olahraga, lagian sering hujan juga. Kamu bisa lakukan 5 gerakan yoga sederhana ini di rumah. Gerakan yoga sederhana ini bisa membantumu melawan flu dan penyakit.

Kok bisa??

"Tubuh melepaskan hormon stres kortisol saat melawan infeksi seperti flu biasa, dan penelitian menunjukkan bahwa teknik penghilang stres, seperti yoga dan latihan pernapasan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh," kata Dr Richard Besser dikutip dari sheknows.com.

Ditambah lagi, peregangan yang lembut dapat membantu meredakan sakit dan nyeri terkait pilek dan infeksi sinus.

Berikut adalah 5 pose yoga yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan aman bagi pemula.

1. Downward facing Dog

Memindahkan sel darah putih ke seluruh tubuh dan membersihkan sinus

Dari Pose Gunung (posisi berdiri), ulurkan tangan ke lantai, tekuk lutut jika perlu. Arahkan tangan kamu sekitar tiga hingga empat kaki di depan jari kaki.

Dorong telapak tangan, angkat pinggul ke atas dan tekan kembali ke tumit. Pertahankan pandangan ke arah kaki dan terus tekan dada Anda ke arah paha untuk membuat punggung rata.

2. Standing Forward Bend

meregangkan paha belakang dan punggung, meredakan kecemasan, meredakan sakit kepala, meningkatkan pencernaan dan menenangkan pikiran.

Downward facing Dog (sheknows.com)

Berdiri tegak, kaki rapat, seperti pada gambar. Saat menarik napas, angkat kepala dan dada sambil menjaga ujung jari di lantai, lalu perlahan-lahan mulai bawa dada ke arah lutut.

Kalau kamu kesulitan menekuk badan hingga mencapai kaki, tekuk lutut juga boleh kok. Lakukan senyamannya kamu aja gengs.

3. Seated Forward Bend

Menenangkan sakit kepala dan kecemasan dan mengurangi kelelahan.

Standing forward Bend (sheknows.com)

Duduk dengan kaki direntangkan di depan, angkat tangan ke atas dan mulailah berayun ke depan biarkan lengan jatuh ke tanah, menjangkau jari-jari kaki.

Kalau gak bisa menggapai jari kaki arahkan hidung ke lutut kamu.

4. Seated Spinal Twist

Membantu mendetoksifikasi tubuh dengan mengaktifkan organ sekunder dari sistem kekebalan tubuh.

Seated Forward Bend (sheknows.com)

Duduk tegak dengan kaki terentang di depan kamu, tekuk lutut kanan dan bawa ke arah dada, letakkan tumit sedekat mungkin dengan tubuh.

Kemudian tekuk kaki kanan dan silangkan ke atas kaki kiri, tekan kaki kanan dengan kuat ke lantai. Putar badan seperti pada gambar. Ulangi pada sisi yang berlawanan.

5. Bound Angle Pose

Merangsang jantung dan meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan depresi ringan, kegelisahan dan kelelahan.

Seated Spinal Twist (sheknows.com)

Mulailah dengan duduk dengan kaki lurus ke depan. Pas kamu mengeluarkan napas, tekuk lutut dan tarik ke arah dada, letakkan kaki rata di lantai.

Tarik tumit ke arah panggul, lalu turunkan lutut ke samping saat menekan kedua telapak kaki bersamaan. Pegang area sekitar pergelangan kaki atau tulang kering dengan tangan, turunkan tubuh ke lantai. Jangan dipaksa ya gengs. Lakukan sebisa kamu aja.

Selamat mencoba ya gengs ... Jaga kesehatan biar gak gampang sakit.

Bound Angle Pose (sheknows.com)