Dikutuk Iblis, Sumur Petrifying Well Bakal Ubah Semuanya Jadi Batu!

Dikutuk Iblis, Sumur Petrifying Well bakal ubah semuanya jadi batu! Mau?

Ada sebuah legenda yang nyeremin tentang sebuah sumur yang bernama Sumur Petrifying Well. Konon, sumur itu dikutuk Iblis. Wah, pasti gak asik nih~

Yaiyalah, mau asik gimana coba ... benda-benda apa pun yang yang kena tetesan airnya bisa berubah menjadi batu! Kan males banget tuh. Membatu gengs, bener-bener keras jadi batu gitu.

Sumur itu terletak di sebuah gua yang terletak di tepi Sungai Nidd, North Yorkshire, Inggris. Kawasan itu berbatasan dengan Kranesborough. Kalo kamu jalan-jalan ke sini, kamu bisa liat sendiri ada berbagai benda yang telah berubah jadi batu.

Kamu bisa jadi saksi gimana topi era Victoria milik seorang perempuan tahun 1800-an silam jadi batu. Belom lagi sepatu, boneka beruang, sepeda, hingga ceret air. Aneh banget gak sih?

Berdasarkan legenda yang diketahui masyarakat setempat, dulunya pernah hidup seorang penyihir. Dia adalah Mother Shipton yang lahir di dalam gua dekat sumur terkutuk itu berada.

Mother Shipton disebut-sebut sebagai anak dari seorang pelacur. Dalam legendanya, Mother Shipton dikenal bisa membuat obat-obatan dari tumbuhan dan bunga liar dari hutan terdekat.

Banyak orang yang percaya juga bahwa Mother Shipton bisa meramalkan masa depan. Makanya banyak orang datang ke gua tempat tinggal Mother Shipton itu.

Sumur ini dikutuk Iblis, bisa ubah apa aja jadi batu! (dailymail.co.uk)

Sumur Petrifying Well di Inggris (dailymail.co.uk)

Di gua yang kini dikenal sebagai Gua Mother Shipton itu, orang-orang jaman dulu percaya bahwa sumur itu emang ajaib. Keajaiban sumur itu pun pernah dituliskan pertama kali oleh John Leyland yang datang ke sana tahun 1538 silam.

John Leyland datang ke sana setelah diperintah oleh Raja henry VIII. Leyland menulis laporan bahwa Sumur Petrifying Well bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini jelas berlawan dong dengan kabar bahwa sumur itu pernah dikutuk iblis yang mengubah apa aja jadi batu!

Tahun 1630, Sumur Petrifying Well pun resmi dibuka untuk umum setelah Raja Charles I menjualnya kepada Sir Charles Slingsby. Sumur Petrifying Well pun berubah jadi objek wisata.

Pelan-pelan, sumur itu mulai rame nih didatengin orang-orang. Mereka yang gak percaya sama keajaiban sumur itu mulai meletakkan barang-barang di bawah tetesan airnya. Dan bener dong ... barang-barang itu bisa berubah jadi batu dalam hitungan minggu atau bulan aja.

Itu benda-benda yang digantung udah berubah jadi batu (dailymail.co.uk)

Sumur ini pertama kali dilaporkan tahun 1500-an silam (dailymail.co.uk)

Tapi kenapa sih kok bisa berubah jadi batu? Fenomena aneh ini ternyata menarik perhatian sejumlah ilmuwan. Para ahli kemudian menganalisis sampel air sumur Petrifying Well yang menyebabkan benda-benda jadi keras kek batu.

Penelitian menjelaskan bahwa ternyata kandungan air Sumur Petrifying Wee punya mineral yang sangat tinggi. Mineral itu akan melapisi benda apa aja yang kena tetesan airnya. Lapisan itu akan menciptakan lapisan mineral yang lebih keras. 

Mirip dengan susunan stalaktit dan stalagmit yang ada di gua-gua gitu gengs.

Kenapa ya semua bend bisa berubah jadi batu? (dailymail.co.uk)

Ini sepedanya udah jadi batu (dailymail.co.uk)

Lapisan mineral dalam air sumur kutukan Iblis itu ternyata juga gak boleh diminum gengs. Soalnya, setetes airnya aja mengandung kadar kalsit yang amat tinggi. Jadi itu bahaya banget buat tubuh kita. Bisa jadi batu juga nanti ....

Kini, Sumur Petrifying Well yang katanya dikutuk Iblis itu tetep ramai dikunjungi wisatawan. Turis biasanya sengaha meletakkan benda-benda di bawah tetesan airnya. 

Tekstur benda-benda itu bakal berubah jadi batu dalam waktu tiga hingga lima bulan. Semuanya bisa jadi waktu dengan cepat gengs, termasuk temen kamu juga bisa kalo kamu lagi kesel.

Ternyata gegara kandungan mineral yang sangat tinggi (dailymail.co.uk)

Kayaknya ini deh Mother Shipton (ripleys.com)

Masyarakat sekitar dan turis pun menjual air Sumur Petrifying Well itu sebagai suvenir. Kalo pengin jalan-jalan ke sana, Sumur Petrifying Well dan Gua Mother Shipton dibuka setiap Oktober hingga November setiap tahun.

Kuy jalan-jalan ke Inggris dan liat sendiri deh betapa anehnya Sumur Petrifying Well ini. Tapi jangan sok nekat cuci muka gitu ya, nanti jadi batu lho mukanya.

Tapi betewe, kok kayak kisahnya Malin Kundang ya yang durhaka dan berubah jadi batu. Apa gara-gara air ini juga ya? Hmm ....

Tuh, rame banget pengunjung yang penasaran tiap tahunnya (dailymail.co.uk)