Ramalan Mengerikan Tentang Masa Depan, Ada Robot dan Virus Pembunuh!

Ramalan tentang apa yang bisa terjadi di masa depan. Bisa memusnahkan banyak manusia.

Bisa terjadi hal-hal yang gak terduha bahkan menakutkan di masa depan. Film-film fiksi banyak yang menceritakan mengenai kehancuran bumi. Bukan karena alien atau bencana alam. Tapi bumi rusak karena perbuatan manusia sendiri.

Berikut ini ramalan mengerikan tentang masa depan. Beberapa hal yang bisa jadi kenyataan dan dampaknya sangat luas. Berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia.

Kalau sekarang masih kelihatan gak mungkin. Tapi seiring dengan perkembangan teknologi, semua bisa aja terjadi.

1. Robot Pembunuh

Dalam dunia militer, banyak pihak yang terobsesi untuk menciptakan mesin AI yang bisa mengendalikan kendaraan militer. Menggunakan manusia dirasa kurang efektif dan efisien. Karena manusia butuh istirahat dan makan. Jadi gak bisa mengoperasikan kendaraan perang terus-menerus.

Ini bisa dilampaui dengan menggunakan HUKUM (senjata otonom mematikan), seperti dilansir Vox. HUKUM seperti drone, tetapi sepenuhnya diujicobakan oleh AI dan tidak memerlukan intervensi manusia. HUKUM adalah robot pembunuh berwenang untuk membunuh tanpa pengawasan manusia.

Tampaknya peperangan menggunakan robot menguntunkan manusia karena yang rusak robotnya. Manusianya baik-baik aja berada jauh dari medan perang. Tapi kalau robot musuh menang maka yang bakalan diserang juga manusianya. Lalu bagaimana jika robot itu diretas dan membunuh orang yang salah.

Lebih parah lagi gimana kalau robot dengan kecerdasan itu justru berkembang dan sulit dikendalikan?

Robot pembunuh (medium.com)

2. Otomatisasi

Manusia telah membuat banyak mesin yang membuat pekerjaan lebih mudah. Semua lebih mudah menggunakan mesin yang lebih cepat dan berbiaya murah.

Otomatisasi mengakibatkan banyak pengangguran karena pekerjaan menggunakan mesin. Hal yang gak baik bagi masyarakat kapitalis, yang sangat bergantung pada pekerjaan.

Otomatisasi (ies.co.uk)

3. Virus yang dibuat untuk memusnahkan manusia

Virus corona menjadi virus yang berbahaya dan berdampak pada dunia. Dengan diperkenalkannya alat pengeditan genetik seperti CRISPR, manusia bergerak ke era di mana ia dapat menyesuaikan obat untuk seseorang secara individu, mencocokkan perawatan langsung dengan gen mereka. Namun, para ilmuwan mulai mengkhawatirkan hal yang sebaliknya: virus yang dimodifikasi secara genetik yang dibuat menjadi lebih mematikan.

Sampel dari virus mematikan yang diberantas seringkali masih ada, dan dengan alat dan pengetahuan yang tepat, semakin mungkin orang jahat dapat memodifikasinya.

Virus ini bahkan dapat dirancang untuk hanya menyerang target tertentu, seperti orang dengan rambut merah atau hanya laki-laki. Bikin virus ini bisa memusnahkan manusia dengan ras atau ciri tertentu.

4. Antibiotik gak berfungsi lagi

Antibiotik jadi obat andalan di rumah-rumah penduduk dan rumah sakit. Tapi fungsi antibiotik semakin menurun karena kuman juga semakin kebal. Kuman itu bisa berevolusi dan gak mempan dibasmi pakai antibiotik.

Nah, emang kenapa sih kalau antibiotik gak ada??

Manusia bisa kehilangan kemampuan untuk melakukan operasi, karena dokter gak bisa menangkal infeksi setelah operasi. ANtibiotik adalah obat dasar yang murah.

Mungkin bisa aja antibiotik dikembangkan juga. Tapi ya butuh waktu. Pengobatan yang efektif di masa depan bisa aja jenisnya individualis sesuai genetik dan mahal banget.

Duh, sobat miskin gimana kalau mau berobat?

Antibiotik gak mempan lagi (medicalnewstoday.com)

5. Deepfake

Menurut USA Today, deepfake biasanya dibuat menggunakan bantuan AI bersama dengan rekaman orang yang ada. Meskipun ada beberapa cara untuk mendeteksi kebohongannya sekarang, tapi kemungkinan cara ini dikembagkan tetep ada.

Deepfake adalah metode untuk menirukan orang tertentu melalui video. Misalnya video presiden Jokowi mengumumkan sesuatu. Padahal video itu cuma rekayasa. Tampilan dan suaranya seakan-akan presiden beneran.

kan bisa bikin salah paham dan panik.

Menurutmu, mana yang paling mengerikan gengs?