Lima Kota dengan Pasar Paling Legendaris di Indonesia, Jangan Lupa Mampir dan Belanja Gengs!

Sejumlah kota di bawah ini memiliki pasar legendaris yang harus kalian kunjungi ketika jalan-jalan ke sana.

Salah satu elemen penting di kota adalah adanya tempat untuk melakukan kegiatan jual beli atau yang biasa disebut dengan pasar. Beberapa bahkan memiliki peran yang sangat vital dalam perkembangan kota sehingga pasar tersebut berdiri menjadi pasar legendaris. Nah kira-kita kota mana saja ya di Indonesia yang memiliki pasar legendaris gengs.

1. Kota Jakarta - Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda. Usia setua itu membuat pasar tersebut menjadi salah satu pasar grosir terbesar se-Asia Tenggara. Gak heran kalau banyak pedagang dari dalam dan luar kota datang untuk berdagang di Pasar Tanah Abang Jakarta. Barangnya lengkap, harganya pun murah meriah.

Kota dengan pasar paling legendaris di Indonesia (pesona.travel)

2. Kota Gianyar - Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati bahkan mampu memberi identitas yang unik bagi wilayah Gianyar, Bali. Di sana menjual kerajinan khas Bali dan menjadi langganan para turis lokal dan mancanegara. Kalian harus pintar menawar untuk mendapatkan harga yang cocok kalau berkunjung di pasar ini. Selain bisa belanja, pasar ini juga punya desain yang Instagramable.

Kota dengan pasar paling legendaris di Indonesia (beritafashionista.com)

3. Kota Solo - Pasar Gede

Sebagai kota perdagangan yang cukup tua, Kota Solo memiliki pusat perbelanjaan yang sangat legendaris. Namanya Pasar Gede. Sesuai titelnya pasar ini cukup besar untuk ukuran Kota Solo yang medium. Tak hanya menjual beragam kebutuhan harian seperti buah, sayuran, jamu, dan kebutuhan rumah tangga. Pasar Gede juga menjadi distinasi wisata kuliner. Yang wajib dicicipi adalah Es Dawet Telasih Bu Dermi yang berada di lantai satu.

Kota dengan pasar paling legendaris di Indonesia (pesona.travel)

4. Kota Yogyakarta - Pasar Beringharjo

Selain Gianyar, pasr yang juga identik sebagai jujugan wisatawan adalah Pasar Beringharjo di Kota Yogyakarta. Pasar ini berdiri sudah sejak 1925. Wisatawan bisanya berburu oleh-oleh khas kota Jogja seperti batik, pakaian, kerajinan dan beragam kuliner khas untuk oleh-oleh. Jika ke sini pagi hari, wajib banget cobain Pecel "Senggol" dan Sate Kere Mbah Suwarni. Dijamin bikin nagih!

Kota dengan pasar paling legendaris di Indonesia (labirutour.com)

5. Kota Banjarmasin - Pasar Apung

Terakhir adalah Pasar Apung di Kota Banjarmasin sebagai destinasi pasar legendaris kita. Seperti keunikan namanya pasar ini mengapung di atas Sungai Barito yang menjadi identitas kota. Para pedagangnya menggunakan perahu kayu untuk menjual produk dagangannya. Kalau ke sini, kamu wajib beli oleh-oleh buah khas Banjar yang unik, seperti jeruk banjar dan buah mentega. Pasar ini juga pernah tampil dalam iklan stasiun televisi era 90-an, lho. Ingat, gak?

Kota dengan pasar paling legendaris di Indonesia (nasirrental.com)