Fakta yang Jarang Orang Tahu: No 5 Sukar Dipercaya Tapi Emang Gitu Adanya

Kali ini kita bakalan belajar fakta yang jarang orang tahu. Dari gurita yang mirip hantu dan fakta kerang dan lain-lain.

Dalam banku sekolah kita hanya diajarkan beberapa ilmu pengetahuan alam, sosial, agama, matematika dan juga bahasa.

Namun semua itu tak bisa mencakup semua fakta di seluruh dunia. Kali ini kita bakalan nge-bahas fakta yang jarang orang tahu. Skuy kita kepoin.

Fakta yang jarang orang tahu

1. Gurita Casper

Penampakan hewan sejenis gurita transparan dengan bentuk yang mirip seperti "hantu casper" pernah ditemukan di laut dalam dekat Hawaii, Amerika Serikat pada tahun 2016 lalu.

Karena sosoknya yang mirip tokoh kartun hantu yang baik dan lucu itu, maka hewan ini dinamakan "Casper" gengs.

Gurita Casper (sozcu.com.tr)

2. Penemu Huruf Braille

Louis Braille adalah pencipta tulisan atau huruf Braille yang lahir pada 4 Januari 1809. Huruf ini digunakan para penyandang tunanetra untuk menulis dan membaca.

Louis merupakan seorang berkebangsaan Prancis yang sejak kecil mengalami kebutaan. Maka dari itulah ia menciptakan huruf Braille.

3. Usia Biara Saint Catherine

Kota Saint Catherine berada di Semenanjung Sinai di Mesir terletak di wilayah padang gurun yang terdiri dari batu granit, di antara pegunungan terjal.

Fakta yang jarang orang tahu adalah, dulu sekitar tahun 548 hingga 565 SM, Kaisar Romawi Timur, Justinian the Great, memerintahkan pembangunan sebuah biara yang didedikasikan untuk Saint Catherine di kota ini.

Saint Catherine (Encyclopedia Britannica)

4. Kerang tak bisa merasakan sakit

Karena termasuk hewan tingkat rendah kerang tidak dapat merasakan sakit. Bisa jadi kerang yang dimakan apalagi dikonsumsi dalam keadaan mentah masih dalam kondisi hidup.

Namun kerang tidak memiliki rasa sakit dan tidak bisa melawan ketika cangkangnya dibuka. Baru tahukan gengs?

Kerang (Libi TV)

5. Kapan kartu merah dan kuning muncul?

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari di seluruh dunia. Jika dalam permainan terdapat pemain yang melakukan pelanggaran cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu kuning atau kartu merah.

Nah fakta yang jarang orang tahu, dari mana asalnya penggunaan kartu kuning dan kartu merah ini ya? Kedua kartu ini baru muncul pada abad 20 yaitu di tahun 1970-an gengs.

Ceritanya... Saat itu Rudolf Kreitlein wasit asal Jerman, menjadi wasit dalam pertandingan Piala Dunia 1966. Kapten Argentina yaitu Antonio Rattin melakukan pelanggaran keras dan dikeluarkan oleh Rudolf.

Nah jadi itu beberapa fakta yang jarang orang tahu, semoga bisa bermanfaat gengs. Nantikan fakta-fakta selanjutnya ya~

kartu merah dan kuning (Vanguard News)