Hijab dan Jilbab, Perbedaannya Apa Sih? Wajib Tau!

Berikut perbedaan hijab dan jilbab. Kalian perlu tau gengs, biar nggak salah kaprah.

Hijab dan Jilbab

Di Indonesia, istilah hijab dan jilbab sering digunakan. Kedua nama tersebut dipakai buat merujuk pada penutup kepala wanita muslim.

Banyak yang salah kaprah menyebut 2 istilah ini punya pengertian yang sama. Tapi ternyata beda gengs. Berikut perbedaan hijab dan jilbab yang harus kalian ketahui.

1. Hijab

Pertama-tama kita ketahui dulu apa arti hijab. Menurut bahasa Arab, hijab artinya penghalang. Ini berasal dari kata hajaban (menutupi sesuatu).

Dalam Islam, hijab diartikan sebagai tata cara berpakaian yang menutup aurat sesuai aturan dalam agama Islam.

Sementara itu, Al Munawi menjelaskan juga makna hijab sebagai berikut:

"Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain" (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136).

Hijab dan jilbab (liputan6.com)

Abul Baqa’ Al Hanafi pun menerangkan, "Setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab” (Al Kulliyat, 1/360)."

hijab dan jilbab (tribunnews.com)

2. Jilbab

Sementara itu, jilbab adalah gamis longgar yang dijulurkan ke seluruh badan sampai mendekati tanah. Jilbab nggak boleh membentuk lekuk tubuh. Ini tertuang dalam Al Quran surat Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyim "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka."

Jilbab akan menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki, dan wajah.

Dari pengertian di atas, tentunya hijab dan jilbab itu berbeda. Jadi, kalo ada yang bilang dua-duanya sama itu salah. Jilbab termasuk hijab, tapi hijab bukanlah jilbab gengs. 

Jilbab pun lebih digunakan dalam ajaran Islam. Akan tetapi, istilah hijab biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Itulah bedanya jilbab dan hijab. Sekarang udah ngerti perbedaannya kan?

Jilbab atau hijab (dhgate.com)