Manfaat Berpegangan Tangan Buat Tubuh Kita, Emang Ada Ya?

Manfaat berpegangan tangan buat tubuh kita. Emang ada ya?

Berpegangan tangan setidaknya bisa mengingatkan kita pada dua hal. Pertama, inget gandengan tangan dengan orang tua waktu masih kecil. Kedua, inget betapa deg-degannya pas pertama kali gandengan sama gebetan. Hehehe.

Nah, berpegangan tangan sebenarnya adalah komunikasi non-verbal yang diyakini paling efektif dalam menunjukkan persahabatan.

Di samping itu, sebenernya ada banyak manfaat berpegangan tangan yang bisa kita dapat. Terutama manfaat kesehatan buat tubuh kita. Simak deh nih manfaat berpegangan tangan buat tubuh kita.

1. Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Behavioral Medicine, berpegangan tangan dengan orang yang kita cintai bisa menurunkan tekanan darah loh.

Ini terjadi karena waktu kita menggenggam jari orang yang kita sayangi, tubuh kita akan meresposns dengan menciptakan rasa nyaman di hati. Dan karena itulah tekanan darah kita bisa turun.

Bisa menurunkan tekanan darah (freepik.com)

2. Meredakan rasa nyeri

Penelitian lain yang terbit dalam Journal Psychological Science menemukan fakta bahwa berpegangan tangan memiliki manfaat fisiologis loh. 

Ketika kita berpegangan tangan dengan pasangan atau siapapun mereka, itu akan memberikan efek anestesi. Karena itu nyeri secara fisik akan berkurang.

Rasa nyeri bakal reda~ (timesofindia.com)

3. Mengurangi stres

Dr. James Coan dari University of Virginia, Amerika Serikat, mengungkapkan jika gestur yang terjadi saat berpegangan tangan dapat mempengaruhi hormon stres: kortisol. 

Saat sedang stres, efek gestur sederhana yang muncul itu bisa memberikan dukungan dan rasa nyaman. Makanya, otak dan tubuh jadi lebih rileks dan kadar stres akan turun dengan sendirinya.

Stres akan jauh berkurang (freepik.com)

4. Memberikan rasa aman

Berpegangan tangan merupakan kegiatan sederhana yang bisa jadi sumber kekuatan dan kenyamanan bagi anak-anak. 

Ini terjadi karena genggaman tangan bisa menghilangkan rasa takut yang muncul. Makanya mereka akan lebih mudah menghadapi masalah yang sedang terjadi.

Aman gengs~ (freeimages.com)

5. Ikatan cinta kalian lebih kuat

Ketika kita menggenggam pasangan, tubuh kita akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berperan penting untuk memperkuat empati dan komunikasi antar-pasangan.

Inilah faktor utama jika kalian ingin memiliki hubungan jangka panjang dan selalu bahagia. Pegangan tangan juga akan membuat ikatan yang terjalin jadi semakin erat. Lebih romantis gitu gengs.

Ikatan cinta bakal lebih kuat~ (freepik.com)

6. Memberikan rasa nyaman

Selain rasa aman, pegangan tangan tuh juga memberikan kita rasa nyaman loh. Pegang dan genggam tangan pasangan kalian saat sedang berjalan berdua, atau pas lagi ngobrol.

Sensasi itu nggak cuma terjadi pada diri kalian aja kok. Pasangan kalian juga akan merasakan hal yang sama deh. Nggak percaya, coba aja deh.

Nyaman banget kalo lagi sama doi (cratedwithlove.com)

7. Meredakan masalah

Dalam sebuah hubungan pasti ada pertengkaran. Itu bumbu yang wajib ada loh. Nah, saat bertengkar, coba genggam tangan pasangan kalian (*jangan pasangan orang lain). 

Hal itu secara langsung atau tidak akan membuatnya lebih tenang. Setidaknya berpegangan tangan dengan orang yang kalian sayangi 

Udah, mulai sekarang gandeng pasangan kalian baik-baik, nikmati dan rasakan manfaatnya buat tubuh kalian. Ya, nggak cuma pasangan sih, orang tua mungkin atau siapapun yang butuh genggaman tangan kalian.

Meredakan masalah (pixabay.com)