Tanda-tanda yang Menjelaskan Kamu Sudah Siap Jadi Seorang Ayah

Mengkhayal jadi ayah kayaknya asik buat bahan obrolan pas malem Mingguan nih.

Buat kamu yang ngerasa masih punya jakun, pernah nggak sih kalian berkhayal jadi ayah? Pernah kali ya, tapi nggak inget kapan. Ya wajar aja sih, soalnya jadi seorang ayah, papa, bapak, bokap, dan sebagainya itu nggak gampang. Tanggung jawabnya bertambah banyak.

Di balik khayalanmu yang bisa ngalor-ngidul itu, ada beberapa tanda yang bisa menjelaskan bahwa kalian sebenarnya udah siap jadi ayah. Apa aja emang? Kuy, disimak.

1. Berpikir Panjang

Kalian tau kan bedanya cowok dan laki-laki dewasa? Sederhananya, perbedaan itu terletak dari cara berpikirnya. Kamu yang sekarang udah siap jadi ayah pasti punya segudang rencana. 

Tapi ini bukan sekadar rencana tanpa hasil. Sebab kamu dituntut untuk bisa memenuhinya. Bahkan, kamu harus tau banget usaha-usaha apa yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya. Kalo udah di tahapan ini, selamat. Bentar lagi paling khayalanmu selama ini terwujud.

truth-seeker.info

2. Berpenghasilan, dan Cukup

Sebenarnya kamu udah siap jadi ayah kalo kamu sudah punya penghasilan sendiri. Dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluargamu nanti.

Apa pun usaha kamu, yang penting itu baik untukmu dan keluargamu. Sebab, menafkahi lahir batin istri dan anakmu cukup pake cinta dan angan-angan? Bisa aja sih, tapi cewek kan butuh kepastian. Ntar kabur lho. Makanya ayo, kejar setoran!

romaniaexperience.com

3. Jadi Panutan yang Baik

Anganmu akan percuma kalo kamu masih belum bisa bertanggung jawab untuk diri sendiri. Kalo kamu mau jadi ayah ya usahakan yang terbaik buat dirimu sendiri terlebih dahulu.

Nanti kamu punya tanggung jawab yang lebih besar lagi kepada anak dan istrimu. Siapa yang nanggung hidup mereka kalau bukan karena kerja kerasmu? Usahakan pula agar kamu menjadi panutan yang baik untuk keluargamu. Tanyakan dan pelajari cara ayah ibumu membesarkanmu sejauh ini. Serius, ini kerja keras yang paling nyata. Nggak ada apa-apanya tuh KKN universitas.

couragewithinyou.com

BONUS!

Kamu udah siap jadi ayah kalo kamu 'keluar di dalem'. Yaiyalah.... Kalo udah, siap-siap deh mikirin semua hal yang belum sempet kamu khayalkan pas jadi ayah sebelumnya. 

Oke, semangat!