Meski Cuma Bercanda, Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Mengejek Fisik Orang Lain

Dampak diejek soal fisik dan penampilan tuh besar banget lho, jadi jangan sampai dilakukan ya! Tiga hal ini akan dirasakan orang yang diejek~

Kadang orang tuh suka lupa kalau bercanda pun ada batasannya. Memang banyak hal lucu di dunia ini yang bisa ditertawakan. Tapi kayaknya enggak termasuk soal fisik dan penampilan orang lain deh. 

Namanya fisik orang tuh emang udah dari sananya berbeda-beda. Begitu juga sola penampilan, selera kamu belom tentu disukain orang lain. Gaya berpakaian yang orang lain suka dan nyaman, belum tentu cocok sama kamu. 

Lagian, nggak pernah ada standar atau aturan resmi tentang kayak apa sih fisik dan tampilan yang paling baik dan benar di dunia ini. Ya kan? Malah, bercandaan kamu jatohnya sih masuk body shaming dan itu jahat lho! 

Terus kenapa sih sebaiknya kamu nggak ngejekin fisik dan penampilan orang lain? Meskipun menurutmu itu lucu dan niatnya cuma bercanda, tiga hal ini bisa jadi dampak dari body shaming~ 

Orang lain bisa tersinggung

Ngatain orang lain gendut kayak gajah, kurus kayak kurang gizi, pendek kayak minion, tinggi kayak tiang listrik, menor kayak badut, pucat kayak mayat, keriting kayak mie instan, rambut warna-warni kayak kemoceng, dan bla bla bla mungkin kedengarannya lucu ya? 

Iya konteksnya emang cuma bercandaan. Tapi apa kabar dia yang dikatain sepeti itu?  Bukan nagga mungkin, dia bisa tersinggung lho. Dan nggak enak banget lho rasanya ketika fisik seseorang diejek kayak gitu. 

Padahal, di balik semua tampilan fisik itu mungkin aja kamu nggak tahu kondisi aslinya orang itu. Misalnya nih, orang itu jadi gendut karena memang lagi ada masalah kesehatan atau udah berjuang mati-matian buat kurus tapi ya belum berhasil. 

Orang yang kurus pun udah berusaha naikin berat badan dan segala cara dicoba tapi ya memang tetap kurus.

Dampak mengejek fisik (infosurabaya.id)

Dia bisa jadi nggak percaya diri

Dampaknya apa? Ya minimal percaya dirinya menurun drastis lah. Misalnya, temanmu yang kurus suka banget pakai baju longgar biar kelihatan berisi. Eh, malah dikatain kayak kelelep di dalam baju. Padahal, kalau pakai baju ketat atau pas badan pun, diakatain cungkring. Serba salah ya?

Terus, ada temanmu yang lain suka pakai baju minim. Kamu ngerasa nggak suka karena biasa tertutup, lalu malah ngejekin dia dengan penampilannya. 

Bukan berarti dia harus ngkutin apa yang kamu mau lho. Selera orang berbeda dan nggak bisa dipaksain. Emang kamu pun mau ngikutin apa yang orang lain pengen? 

Dampak mengejek fisik (nationaleczema.org)

Self-love itu nggak mudah

Self-love alias mencintai dari sendiri tuh nggak mudah lho. Setiap orang tuh pasti punya kekurangan dan dia pun sadar akan hal itu. Dari soal fisik aja nih, ada aja yang bikin nggak pede. Misalnya, kulit gelap, rambut tipis, bentuk bibir aneh, bahu lebar, lengan besar, gemuk, kurus, hidung pesek, dan bla bla bla. 

Nggak perlu dikatain pesek, orang itu pun udah tau kok dia pesek dan setiap hari dia memandangi hidungnya dengan sedih. Udah belajar self-love, mulai nerima penampilan diri sendiri, belajar lebih pede, pas keluar rumah, eh dikatain orang. Ambyar lagi deh tuh! 

Udah percaya dirinya makin menurun, self-love juga nggak berhasil, terus apa? Ya dia bisa jadi minder, ngerasa rendah diri, ngerasa malu, jadi makin insecure karena terus membandingkan dirinya sama orang lain yang kelihatan lebih, stres, depresi, dan bisa ganggu kehidupan sosial, karier, sampai percintaan. 

Dampak mengejek fisik (zahma.cairolive.com)