8 Situasi Awkward yang Sering Terjadi dan Sebenernya Ngapapa Juga Sih

Situasi ini bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Nggak kenal waktu dan banyak banget. Apa aja? Simak deh!

Awkward moment, ya sebutlah momen yang bikin canggung itu pasti pernah dialami oleh semua orang. Serius nih, tanpa terkecuali. Semua itu bikin bingung, mau bertindak salah, diem aja juga salah. Kalo diinget juga bikin senyum-senyum sendiri. Kadang ya jijik atau malu juga sih.

Contohnya banyak banget. Serba salah. Kalo gitu cek nih beberapa situasi awkward yang sering terjadi, padahal ya nggak kenapa-napa juga.

1. Ngeliat Orang Ngelawak, Eh Garing

Jujur aja, bikin orang lain tertawa karena lelucon yang kota lontarkan itu susah lho. Kamu yang cowok juga pasti sering ngadepin hal ini dihadapan cewek yang lagi kamu deketin kan?

Ngelawak biasanya berhasil kalo isinya dikemas secara cerdas dan menggunakan kode, bahasa tubuh, ekspresi, atau penyampaian yang tepat. Coba, ini susah banget. 

Udah gitu kita yang ngeliat cuma bingung mau ketawa atau nggak. Terus saling lirik dan akhirnya nengok dan meyakinkan satu sama lain bahwa itu nggak lucu. Ya ampun.

2. Diem-dieman di Lift

Ini paling sering terjadi di mal. Biasanya ada sejumlah orang yang saling nggak kenal dan udah lama ngantri untuk naik lift. Entah dari atau menuju parkiran.

Begitu liftnya kebuka, kan masuk tuh orang-orang. Nah di dalem itu yang awkward banget, karena kita jadi saling liat-liatan cuma karena perkara kecil. 

Berdeham diliatin, mau garuk-garuk diliatin. Ngobrol sama pacar, senyum nahan ketawa, batuk, mau turun, semua diliatin. Ahhh~

3. Ketika Nggak Sengaja Ngeliat Pakaian Dalam Orang Lain

Nggak cowok, nggak cewek mah sama aja. Awkward moment akan muncul bahkan ketika kita lagi ngeliat ke sebuah objek yang sama. Lebih tepatnya ketika kalian sama-sama ngeliat cewek cakep yang pake rok dan tersingkap.

Udah gitu keliatan deh tuh dalemannya. Kan jadi awkward tuh, ya enak juga ding.

Atau nggak sengaja juga ngeliat celana dalem orang lain karena celana luar yang dikenakannya agak melorot. Konyol sih, tapi jadi bingung mau gimana. Situasinya jadi lebih aneh kalo ternyata orangnya sadar dan ngeliat balik ke kita.

4. Mendengar Orang Menyebut Nama Orang Lain yang Ternyata Mirip Nama Mantan

Mantan itu kadang sensitif banget. Baru namanya aja udah geger, apalagi kedatengan orangnya beneran. 

Ini bikin awkward juga nih kalo misalnya kita lagi di sebuah antrean dan nunggu panggilan lewat toa. Giliran sebuah nama dipanggil, ternyata nama yang keluar mirip sama nama mantan kita. 

Terus kita jadi tolah-toleh deh tuh nyariin orangnya. Kalo orangnya ga ada sih nyantai, nah bakal aneh kali ya kalo ternyata orangnya ada beneran. Dan lebih aneh lagi kalo ternyata ada pacar kita juga.

5. Lagi Ngobrol, Eh, Ngeces atau Air Ludah Muncrat

Aduuuhhhhh, ini situasi yang bener-bener nggak diharapkan. Misalnya kita lagi semangat banget menjelaskan sesuatu atau bercerita tentang keseruan tertentu kepada teman-teman. 

Ujug-ujug kita nggak kontrol dan meluncurlah itu setitik air dari mulut, entah diri sendiri atau orang lain.

Keadaan ini emang awkward moment abis. Belum lagi kalo ngeces, atau melakukannya lebih dari sekali. Lebih parah lagi kalo ternyata hal yang barang setitik itu justru mendarat di bagian tubuh orang lain. Hiiii~

6. Nonton Adegan Seks di Sebuah Film

Bukan film porno sih. Tapi kalo kita lagi nonton film terus tiba-tiba di tengah-tengahnya ada adegan seksnya kan bikin canggung, awkward, aneh. 

Sebenernya nyantai aja, tapi kan tetep bikin gelisah juga. Apalagi pas lagi kumpul sama temen-temen yang ada cewek dan cowoknya.

Perasaan awkward ini juga lebih besar lagi kalo kita nontonnya sama keluarga, entah bokap-nyokap, om dan tante, sepupu-sepupu, dan lain sebagainya. 

7. Tak Sengaja Bersentuhan di Tempat Umum

Ini juga paling mungkin terjadi. Misalnya dalam sebuah antrean yang desek-desekan. Nggak tau kenapa kok pasti adaaaa aja satu di antara sekian banyak orang yang nggak sengaja bersentuhan dengan kita.

Sebenernya juga nga masalah. Soalnya itu terjadi karena jauh dari kesan disengaja. Buat mengatasinya, kalian pasti inget kan banyak adegan di film yang menyiasatinya dengan membalas senyum. Kenalan, ngobrol, jadian, dan hidup bahagia deh.

Lah iya kalo yang ga sengaja sentuhan cewek sama cowok, kalo sejenis?

8. Mencium Bau Kentut, Tapi Nggak Tau Siapa yang Kentut

Awkward moment bisa juga dateng dari situasi ketika kita lagi di sebuah ruangan dan nyium bau kentut. Sialnya, kita nggak tau siapa tuh yang kentut. Situasi ini akan membuat kalian saling tengok-menengok tapi nggak berusaha mencari sumber baunya. Ya ngapain banget sih.

Kondisi macam itu biasanya terjadi dalam sebuah perjalanan, entah di kereta atau di pesawat. Kalo di mobil, mungkin itu dari anggota keluarga sendiri atau teman kamu yang masuk angin. Sebenernya juga situasi ini wajar. Toh bukan kamu yang kentut kan.


Di luar 8 hal di atas, masih banyak lagi sih situasi yang bikin awkward. Mending kalian aja yang nulis di kolom komentar dan ceritakan pengalamannya. Oke.