Seniman Arab Saudi Bikin Masjid Transparan Demi Lawan Islamophobia

Seniman Arab Saudi bikin masjid transparan demi lawan Islamophobia.

Ada banyak masjid di dunia yang dibangun dengan indah. Ada yang usianya sudah tua, ada juga yang dibangun dan mengundang decak kagum jamaah yang beribadah di sana.

Tapi kebayang gak sih kalo kamu beribadah di masjid tapi bisa dilihat oleh orang-orang dari luarnya? Kayaknya kamu harus coba deh beribadah di masjid transparan yang satu ini.

Masjid transparan (Instagram @ajlangharem)

Masjid yang satu ini didesain secara transparan. Masjid transparan ini dirancang oleh seorang seniman Arab Saudi bernama Ajlan Gharem.

Ajlan Gharem yang juga mengajar matematika di sebuah sekolah umum di Riyadh, Arab Saudi, membuat masjid transparan itu dengan indah. Bahkan sarat akan makna.

Masjid transparan tersebut memiliki ukuran 30x10 meter. Masjid transparan itu juga dibuat dari baja ringan. Dinding masjidnya dibuat menggunakan jaring-jaring yang biasa kamu lihat di pagar taman kota.

Didesain oleh seniman Arab Saudi, Ajlan Gharem (Instagram @ajlangharem)

Transparan gengs, bisa dilihat dari luar atau sebaliknya (Instagram @ajlangharem)

Di dalamnya, orang-orang bisa melaksanakan ibadah. Terdapat bentangan sajadah untuk para jamaah.

Karena emang dirancang sebagai masjid, bangunan transparan ini juga dihiasi dengan lampu gantung di bawah kubahnya. Di malam hari, lampu itu akan menyala dan bisa terlihat dari kejauhan.

Masjid transparan yang diberi nama 'Paradise Has Many Gates' ini tidaklah luas. Cuma bisa memuat beberapa puluh orang aja di dalamnya. Ajlan Gharem sendiri mengatakan bahwa masjid transparan ini dibuat gak semata tentang agama aja gengs.

Dibangun dan dipamerkan untuk melawan Islamophobic (Instagram @ajlangharem)

Pengin gak kalian beribadah di sini gengs? (Instagram @ajlangharem)

Buat Ajlan Gharem, masjid transparan ini dibuat dalam bentuk sedemikian rupa demi lawan Islamophobia.

Masjid transparan ini kembali viral belakangan ini. Padahal, 'Paradise Has Many Gates' ini sebenernya udah ada sejak tahun 2015 lalu dan dipamerkan di beberapa pameran seni.

Mulai dari pameran seni di Galeri Brunei, London, tahun 2016; pameran di Asia House, London, tahun 2015; hingga British Museum tahun 2014 lalu.

Mungkin bakal kepanasan, kehujanan, atau kedinginan ya (Instagram @ajlangharem)

Kalo masjid transparan ini beneran ada di Indonesia, kamu harus cobain deh beribadah di dalamnya. Mungkin bakal kehujanan atau kepanasan. Tapi esensi beribadahnya itu gengs yang penting.