11 Keuntungan Memakai Baking Soda untuk Kebersihan Rumah Tangga

Beberapa peralatan di rumah bernoda? Baking soda punya manfaat membuat 11 peralatan di rumah jadi kinclong.

Udah beli cairan pembersih buat apa aja? Banyak ya? Begini, ada 11 lho manfaat baking soda yang bisa bikin kebersihan rumah jadi efektif. 

Baking soda biasanya dipakai buat bahan pengembang kue. Zat kimia natrium bikarbonat/ sodium bikarbonat 100% kandungannya. Paling cocok dipakai buat baking kue yang diolah dengan dikukus atau dipanggang. 

Manfaat dari baking soda sangat beragam bisa memutihkan ketiak, menghapus komedo dan bekas jerawat. Dan, baking.

Selain buat baking, bubuk pengembang ini bisa bermanfaat buat kebersihan rumah tangga. Begini caranya dan 11 peralatan yang bisa dibersihkan.

1. Kamar mandi kinclong

Dengan menyikat dan menyeka setiap bagian kamar mandi dengan pengembang kue ini. Maka kenampakan yang mengkilap akan diperoleh. Untuk lebih bersih, dapat menambahkan garam dan sabun cuci piring cair. 

Source: Casstravels.

2. Menempel lemak di peralatan masak?

Udah berkali-kali disabun, tapi tetep aja licin. Nah, tambahkan 2 sendok baking soda di sabun pencuci piring. Untuk lebih bersih, rendam panci, wajan, dan teflon yang berlemak dengan campuran sabun. Kamu akan lebih efektif menggunakan cairan ini dibanding mesin pencuci piring.

Buat panci yang gosong, kamu juga bisa pake soda kue ini. Taburkan ke bagian yang gosong. Tambahkan sedikit air dan diamkan 15 menit. Sabun dan bilas.

Source: Hirerush.

3. Tempat cuci tangan tanpa kerak

Baking soda dapat mengikis kerak di tempat cuci tangan. Biasanya bekas sabun cuci tangan dan bekas kotoran bandel menempel. 

Nah, caranya,  tambahkan detergen dengan soda kue. Beri sedikit air dan siramkan. Tunggu 15 menit kemudian sikat. Kerak-kerak akan luruh dan kembali bersih.

4. Membersihkan microwave

Kalo microwave kotor, jangan gelisah. Basahi spons pembersih dan beri baking soda. Usapkan lembut pada bagian luar dan dalam microwave. Soda kue tidak meninggalkan bau keras. Setelah itu bersihkan dengan lap basah.

Source: Gulalives.

5. Pembersih karpet

Pembersih karpet berbahan kimia tentu saja punya efek yang nggak baik untuk anak dan hewan peliharaan. Makanya, pakai baking soda aja. Caranya, taburkan baking soda di karpet. Biarkan selama 15 - 20 menit, lalu gunakan vakum cleaner.

6. Noda menempel di baju? Ini cara menghapusnya

Menghapus noda bekas makanan di baju agak susah jika menggunakan deterjen. Harus disikat keras dan akan mengubah warna baju. Untuk mengatasinya, buat pasta baking soda lalu oleskan pada baju yang bernoda. Biarkan sejenak. Lalu cuci pakaian.

Source:Angieslist.

7. Mencuci buah dan sayuran

Baking soda bisa membunuh bakteri dan kuman yagn ada di buah dan sayuran. Tinggal cuci aja pakai pengembang kue ini. Kemudian bilas menggunakan air yang mengalir. Niscaya, kuman dan bakteri hengkang seketika.

8. Perangkat perak kembali bercahaya

Buat pasta dari tiga sendok baking soda dan air. Gosokkan pada perangkat rumah tangga dari perak. Diamkan, setelah 15 - 20 menit bilas menggunakan air bersih.

Source: Youtube.

9. Pengharum dan pembersih sepatu

Sepatu yang lembab dan berbau bisa diatasi dengan baking soda. Taburkan baking soda dalam sepatumu. Maka, bau dan lembab akan hilang dalam beberapa menit.

Nggak hanya itu. Kalo sneakers berwarna putih ada bekas-bekas noda. Bikin pasta dari baking soda dan air. Lalu, sikat menggunakan sikat gigi bekas

Source: Niceshoesexpert.

10. Cuci mobil pakai baking soda? Gimana hasilnya?

Pasta baking soda oleskan pada bagian mobilmu. Seperti ban, lampu, jok, jendela, spion. Pastikan baking soda benar-benar larut. Karena kalo nggak justru mengikis. Hasilnya, noda hilang dan jadi mengkilap.

Source: Wheelwright.

11. Dimana saja bau busuk yang dapat dihapus pakai baking soda?

Kulkas, talenan, tempat sampah, saluran pembuangan, box makan. Jadi, baking soda bisa menghapus bau busuk di banyak tempat. Caranya, taruh semangkuk kecil baking soda di dalam kulkas. Atau taburkan jika di telenan, box makanan, tempat sampah dan saluran pembuangan. Bau akan hilang lho.

Nah, kan. Begitu banyak manfaat dari baking soda. Kalo masih ada noda, jangan tanpa jeda menggunakan baking soda. Selamat mencoba.

Source: Care2.