Apa Sih Bedanya Cewek dan Cowok Ketika Mengenang Mantan?

Apa sih bedanya cewek dan cowok ketika mengenang mantan? Seru nih gengs~

Kita semua pasti pernah punya kenangan yang indah bersama seseorang. Entah orang tua,  saudara, guru, atau mungkin ... pacar.

Tapi, cara kita mengenang seseorang beda-beda gengs. Ada yang teringat sama kenangan buruk untuk membuang perasaan yang masih tersisa. Atau malah cuma yang manis-manisnya aja.

Dalam ulasan ini kita mau emang bahas soal mengenang mantan (((MANTAN))) sih. Soalnya, ada perbedaan secara mendasar antara cewek dan cowok ketika mengenang mantan. Emangnya ada perbedaannya ya?

Jelas ada dong gengs. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para psikolog, sadar atau tidak, perbedaan cara mengenang mantan antara cewek dan cowok tuh emang ada. 

Today.com pun menjelaskan perbedaan yang cukup signifikan ini.

Sebuah studi menemukan, cara cewek mengenang mantan tuh beda banget sama cara cowok. Kalo cewek mengenang mantan dengan cara mengingat berbagai keburukan lelaki yang pernah mengisi hati dan hari-harinya.

Ada perbedaan antara cowok dan cewek saat mengenang mantan (unsplash.com)

Sebaliknya, cowok justru akan lebih mudah mengenang mantan berdasarkan hal-hal yang membuatnya bahagia, terkesan, atau kagum. Ya, sebagian besar laki-laki akan mengenang perhatian dan kebaikan perempuan yang pernah membuat hari-harinya jadi bahagia dan bersemangat.

"Kami tidak menyangka bahwa jenis kelamin bisa berpengaruh pada ingatan mereka terhadap mantan kekasih. Laki-laki umumnya memiliki ingatan positif terhadap mantan jika dibandingkan dengan perempuan," kata Ursula, psikolog sosial dari University of Graz.

Sementara studi lain yang terbit dalam jurnal "Social Psychological and Personality Science" menemukan bahwa perempuan akan sangat sedih dan galau berat saat putus cinta. Kamu pasti pernah liat kan teman kamu yang cewek mengalami hal ini?

Cewek biasa mengingat hal yang buruk-buruk dari cowoknya (readunwritten.com)

Berbeda dengan cewek, cowok tuh biasanya akan bersikap bahagia atau malah biasa-biasa aja. Gak sedikit cowok yang merasa bangga bisa putus cinta dengan cewek.

Tapi cowok juga akan mengalami kesedihan juga kok. Cowok-cowok bisa galau berat setelah putus cinta beberapa waktu kemudian. Entah seminggu, sebulan, atau setahun kemudian.

Dalam hal ini jelas terlihat bahwa putus cinta memang problem yang dialami semua orang. Tapi cewek lebih unggul karena lebih kuat dan mampu untuk menghadapi putus cinta dengan baik.

Sementara cowok biasanya santai dulu setelah putus cinta (unsplash.com)

Sementara cowok ... perasaan galau dan sedih yang dialami justru seolah-olah datang terlambat. Perasaan itu muncul ketika dia mengenang mantan pernah jalan ke tempat yang pernah dijelajahi bersama.

Kalo kamu gimana gengs?

Tapi cowok bakal sedih dan galau pas lagi rindu (unsplash.com)