Cerita Urban Legend Pesugihan di Pulau Jawa

Cerita pesugihan selalu menarik perhatian orang. Terutama bagaimana cara mendapat uang secara instan.

1. Pesugihan di Makam Imogiri, Yogyakarta

Imogiri sangat terkenal di kalangan pecinta spiritual. Ini adalah lokasi di mana raja-raja mataram dikuburkan.Di Imogiri ini pengunjung wajib mengenakan pakaian adat Jawa. Makam raja-raja ini berada di bukit.Jadi kalau mau ziarah imogiri harus siap dengan tenaga. Karena bakalan manjat tangga-tangga bukit yang sangat banyak.

Kompleks makam Imogiri ini memang dibangun khusus untuk menjadi pesarean seluruh raja-raja mataram.Baik sesudah pecah maupun belum.Tentu kita tahu bahwa Mataram itu pecah jadi dua.Menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Makam Imogiri juga terkenal karena para pelaku pesugihan banyak menyambangi sana.

2. Pesugihan di Goa Maria Tritis, Yogyakarta

Hampir sama dengan Goa Maria St. Yusuf. Goa ini pun bernama Maria. Lokasinya di Yogyakarta. Berbeda dengan kebanyakan Goa Maria yang merupakan buatan manusia.Namun goa di tritis ini adalah bentukan alami.Hasil karya Tuhan. Terlihat dari banyaknya stalaktit dan stalagmit yang bikin suasana didalamnya makin indah dan magis.

Awalnya, goa ini lebih terkenal sebagai Goa Tritis, Yang dulunya tidak terawat dan terbengkalai. Kemudian akhirnya dipugar untuk kepentingan kebaktian bunda maria oleh umat katolik. Maka tak heran bila sekarang goa ini pun penuh dengan pernak-pernik umat katolik.Termasuk patung-patung yesus disalib.Disebut tempat pesugihan karena memang di Goa ini lebih mencerminkan praktek di luar agama. Seperti saat anak-anak sekolah menjelang ujian banyak ke sana, demi mendapatkan kesukesan (lulus).

3. Pesugihan Sendang Kamulyan, Kulonprogo Yogyakarta

Sendang Kamulyan lokasinya ada di Kulonprogo. Konon, sendang ini dibangun oleh Sunan Kalijaga.Hingga beratus tahun kemudian, datanglah seseorang bernama Kyai Kertayuda datang ke sendang itu.Kala itu, pemukiman masyarakat di sekitar sendang masihlah jarang.Hanya ada beberapa orang.Salah satunya adalah Kyai Sakrama.

Jadi keduanya pun bersahabat.Antara Kyai Sakrama dan Kyai Kertayuda.Keduanyas ama-sama seorang spiritualis yang hidup mengembara mencari ilmu. Namun untuktempat ziarah Sendang Kamulyan ini, sosok yang lebih terkenal adalah Kyai Kertayuda.Karena beliau masih memiliki darah trah Mataram. Dan beliau juga yang berwasiat bahwa jika ada orang susah dengan penyakit atau hutang-hutangnya, datang saja ke sendang ini. Bakalan dibantu.Ini yang membuat Sendang Bulus Jimbung jadi lokasi pesugihan paling angker di Indonesia juga.

terseram.com

4.      Pesugihan di KompleksMakam Nyai Barat Ketiga, Klaten Jawa Tengah

Belum banyak orang yang tahu kompleks makam Nyai Barat Ketiga ini. Padahal sudah sejak tahun 1980, pemakaman ini ramai dikunjungi sebagai tempat pesugihan dan ziarah.Tokoh yang dikeramatkan adalah sosok bernama Nyai Barat Ketiga. Biasanya yang datang ziarah ke makam ini adalah para politisi yang ingin karirnya sukses.

5. Pesugihan Pantai Parangkusumo, Yogyakarta

Pantai Parangkusumo terletak di Dukuh Pancingan Yogyakarta. Masih berada dalam satu kompleks dengan Pantai Parangtritis. Namun keduanya memang beda. Jika Parangtritis lebih banyak disinggahi untuk kepentingan wisata alam semesta. Kalau Parangkusumo lebih berbau wisata religi, spiritual dan magis, seperti pesugihan ini.

Di Parangkusumo ini biasanya orang datang untuk berlaku tirakat dengan bermeditasi dan menginap di kawasan pantai. Mereka sangat berharap bisa melakukan komunikasi bahkan berjumpa dengan Kanjeng Ratu Kidul, sang penguasa gaib pantai selatan