9 Cara Meredam Rasa Khawatir Berlebihan yang Perlu Kamu Coba

Rebut kualitas hidupmu yang direnggut kekhawatiran sebelumnya, tsaahh....

Khawatir merupakan respons alami tubuh terhadap ancaman dari luar. Maka, khawatir adalah wajar dan manusiawi. Setiap orang pasti pernah mengkhawatirkan sesuatu sepanjang hidupnya. 

Faktornya bisa apa saja, bahkan dalam situasi tertentu, kekhawatiran bisa timbul secara berlebihan. Misalnya kekhawatiran tidak naik kelas, gagal ujian, razia polisi, ketinggalan jaman, ditinggal pasangan, dan seterusnya. 

Tapi tenang aja, semua pasti ada solusinya, kayak ulasan yang satu ini bakal ngebahas beberapa cara meredam rasa khawatir berlebihan. Yuk!

1. Ambil Napas Panjang

Tarik napas... buang. Cara sederhana ini ampuh banget mengatasi kekhawatiran berlebih yang kamu rasakan. Cemas atau khawatir dapat ditekan keluar dengan metode ini. Tubuh akan menjadi rileks setelahnya.

2. Membuat Sugesti

Pikiranmu di kepala membuat otak memerintahkan tubuh untuk merespons hal serupa. Untuk menangkalnya, pastikan kamu tenang dulu dan sugestikan pikiranmu bahwa semua baik-baik saja.

independent.co.uk

3. Fokuslah pada Hal yang Penting

Khawatir muncul karena terlalu banyak pikiran di kepala. Memang, banyak hal bisa dipikirkan dalam waktu bersamaan, khawatir adalah imbasnya. Makanya, fokuskan pikiran kepada hal-hal yang penting saja.

4. Soroti Masalah yang Harus Dihadapi

Terlalu banyak memikirkan masalah juga memicu timbulnya kekhawatiran. Kalau sekarang kamu punya masalah, fokus atau soroti masalah itu, cari solusinya. Sementara urusan masa depan akan selesai jika ara ini kamu terapkan di kemudian hari.

5. Renungkanlah

Tenangkan dirimu dan renungkan berbagai hal. Tanyakan dirimu bagaimana menemukan solusi atas masalahmu. Termasuk tanyakan juga dirimu apa kamu terlalu mengkhawatirkan hal itu?

justfunfacts.com

6. Bersosialisasi atau Berinteraksi

Sebagai makhluk sosial, manusia sepatutnya berinteraksi. Maka luangkan waktu dan temuilah beberapa orang yang kamu percaya. Berbagilah dengan mereka, mungkin mereka bisa temukan jalan keluarnya. Kamu juga akan merasa lega kemudian.

7. Tingkatkan Kualitas Tidur

Cara mengatasi khawatir berlebihan juga didapat dari porsi tidur kita. Kurang tidur dapat mengganggu kestabilan jiwa dan raga. Maka usahakanlah agar kamu tidur teratur, sekitar 7 jam tiap hari.

8. Olahraga Teratur

Olahraga ternyata juga membantumu untuk mengusir kekhawatiran berlebih. Lakukan aktivitas fisik karena tubuh kita akan memproduksi endorfin yang memberikan rasa tenang dan bahagia. Olahraga ringan juga efektif kok.

9. Kurangi Kebiasaan Merokok atau Minum Minuman Keras

Ini adalah dua di antara sekian banyak faktor yang memicu khawatir maupun cemas. Maka kurangi, atau bila perlu, berhenti sekalian. 

bodyhunter.cc