Negara-negara Asia Tenggara yang Paling Miskin, Indonesia Termasuk Nggak?

Negara mana aja sih yang paling miskin di Asia Tenggara?

Negara Asia Tenggara yang Paling Miskin

Negara di Asia Tenggara itu beragam. Ada negara yang sangat maju dan berkembang pesat. Namun, ada juga yang punya kondisi ekonomi stagnan. 

Negara Asia Tenggara yang dikenal paling kaya selama ini ialah Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Terus, negara mana aja sih yang punya kategori paling miskin di Asia Tenggara? Indonesia termasuk salah satunya nggak nih?

1. Myanmar

Myanmar atau Burma memiliki kondisi perekonomian yang paling miskin di Asia Tenggara. Meskipun begitu, pemerintahnya tengah berjuang menciptakan perubahan ekonomi yang lebih baik.

Pada tahun 2012 saja, sebanyak 37 persen orang di negara ini masih menganggur. Sementara itu, 26 persen orang hidup dalam kemiskinan.

Myanmar (britannica.com)

2. Kamboja

Kemiskinan masih melanda di Kamboja. Menurut Worldbank.org, sekitar 90 persen orang miskin tinggal di pelosok daerah. Sekitar 4,5 juta orang masih mendekati miskin. Lalu, 3,5 persen dari populasinya masih menganggur loh.

Selain itu, pendidikan dan kesehatan masih menjadi tantangan dan prioritas bagi negara ini. 

Kamboja termasuk negara termiskin di Asia Tenggara (adb.org)

3. Timor Leste

Salah satu negara di Asia Tenggara ini juga termasuk yang paling miskin. Sebanyak 20 perseon dari populasi Timoe Leste menganggur. Kemudian hampir setengahnya masih hidup dalam kemiskinan. Bahkan, hampir setengah populasinya belom punya kemampuan baca tulis yang baik.

Industri utama di Timor Leste ialah sabun, kerajinan tangan, dan percetakan. Lalu, Timor Leste juga mengekspor kopi, cendana, dan marmer.

Timor Leste ini sebelumnya merupakan bagian dari negara Indonesia yang bernama Timor Timur. Dulu menjadi provinsi yang 27 di negara kita. Namun, akhirnya memisahkan diri.

Itulah beberapa negara Asia Tenggara yang termiskin. Indonesia emang nggak termasuk 3 besar yang paling miskin. Namun, harapannya perekonomian kita bisa meningkat lagi.

negara Timor Leste (bloomberg.com)