Tertawalah, dan Ketahui 5 Manfaat Tertawa Buat Kesehatan

Sudah tertawakah kamu hari ini? Soalnya banyak manfaatnya.

Jadi inget slogan Warkop DKI, "tertawalah, sebelum tertawa itu dilarang!" Mereka emang jagonya deh bikin perut penontonnya sakit gara-gara terus tertawa melihat banyolan atau aksi-aksi konyolnya.

Dalam hal ini, tawa merupakan salah satu ekspresi kegembiraan yang muncul secara alami pada setiap orang. Tertawa adalah cara untuk membuat diri kita bahagia dan mampu mengurangi stres. Di balik itu, tertawa juga punya manfaat lho. Apa aja ya? Hmm, simak yuk manfaat tertawa bagi kesehatan berikut.

1. Menguatkan Sistem Imun

Bahagia bikin kita bisa lebih sehat. Tertawa memang dapat menurunkan kadar stres, meningkatkan sirkulasi darah serta sirkulasi oksigen. Selain itu, tertawa juga menguatkan sistem imun tubuh lho.

babble.com

2. Fungsi Organ Lebih Optimal

Siapa yang nyangka kalau sistem organ dalam tubuh dapat bekerja lebih optimal selepas tertawa. Beberapa organ dalam tubuh yang lebih optimal bekerja adalah jantung, otak, dan paru-paru. Penderita penyakit jantung juga bisa melakukan terapi tertawa agar lebih sehat.

mnn.com

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kinerja otak pun ternyata ikut optimal pula. Tertawa memang dapat melepaskan hormon kortisol, hormon yang menyebabkan stres pada tubuh. Sedangkan hormon endorfin dan dopamin ikt meningkat, sehingga kita bisa lebih nyaman dan mengalami relaksasi.

menshealth.com

4. Meregangkan Otot yang Tegang

Tertawa bersangkut paut dengan peregangan otot tubuh kita. Efek relaksasi yang timbul akan muncul di seluruh tubuh, termasuk di area sekitar wajah. Tentunya, tertawa bikin kita lebih happy, bahkan mengendurkan ketegangan fisik dan mental.

drkoop.com

5. Lebih Positif

Tertawa akan membantu kita menghadapi beberapa situasi seperti depresi, sedih, atau cemas. Inilah pengobatan yang paling sederhana, karena kegiatan yang lebih banyak kuantitasnya pada anak kecil ini justru membuat orang dewasa lebih optimis menjalani hidupnya.

dailycaring.com