8 Macam Olahraga Atletik dan Penjelasannya

Olahraga atletik memiliki banyak cabang.

Olahraga atletik memiliki banyak cabang, atletik termasuk olahraga yang sering dipertandingkan pada kejuaraan daerah, nasional, maupun internasional. olahraga atletik berawal pada Olimpiade tahun 776 sebelum masehi di Yunani, maka dari itu atletik termasuk olahraga tertua. olahraga atletik memiliki beberapa macam jenis, diantaranya bakal kita bahas di bawah ini.

Macam-macam Olahraga Atletik

1. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga atletik dan memiliki jarak lintasan lari yang pendek sesuai dengan namanya. Biasanya lari jarak pendek menggunakan start jongkok, Jarak tempuhnya yaitu 100 meter, 200, meter, dan 400 meter.

(lingkaran-pengetahuan.blogspot.com)

2. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh ini memiliki lintasan yang panjang, bisa di sebut juga lari marathon, lintasan lari ini 3 kilometer, 5 kilometer, 10 kilometer, dan lebih. Berbeda dengan lari jarak pendek, start yang digunakan lari jarak jauh yaitu start berdiri. 

(.jelalatan.com)

3. Lari Gawang

Lari gawang memiliki jarak tempuh tertentu, antara lain 100 meter putri, 110 meter putra, dan 400 meter putra dan putri. Lari gawang ini lari dengan cepat dan melewati rintangan berupa gawang (palang rendah)

(asumsi.co)

4. Lari Estafet

Merupakan olahraga dimana seorang pelari membawa tongkat dengan ukuran tertentu kemudian diserahkan ke pelari berikutnya pada saat pergantian, dalam satu regu pelari estafet terdapat 4 orang pelari. Nomor lari yang dipertandingkan pada lari estafet biasanya 4x100 meter (400 meter) dan 4x400 meter (1600 meter).

(satujam.com)

5. Lompat tinggi

Olahraga ini sering dipertandingan dalam lomba-lomba tertentu, lompat tinggi cabang olahraga atletik dilakukan dengan lari dengan cepat kemudian melompat dengan tumpuan kaki, melompat dengan setinggi mungkin agar dapat melewati mistar dengan ketinggian sudah ditentukan.

(gudangpelajaran.com)

6. Lompat Galah

Lompat galah ini hampir sama dengan lompat tinggi akan tetapi yang membedakan pada saat melompat pada cabang lomba lompat galah menggunakan bantuan tongkat/galah panjang sebagai tumpuan untuk melompat. 

(www.radarbogor.id)

7. Lompat Jauh

Lompat jauh ini merupakan cabang olahraga lompat dimana yang diukur pada olahraga ini adalah jauhnya jarak pendaratan atlet. Lompat jauh dilakukan dengan gerakan melompat ke depan dan mengangkat kaki ke atas dibagian depan tubuh.

(ibnuasmara.com)

8. Lempar lembing

Lempar lembing salah satu dari cabang olahraga atletik yang dilakukann dengan cara melempar leming dengan jarak sejauh mungkin.

Nahhh, itu beberapa cabang dari olagraga atletik kawan, terus mana nih dari beberapa cabang atletik terssebut yang menjadi favorit kalian?

(berolahraga.net)