Niatnya Sih Pengen Modis, Seragam Pramugari Ini Malah Jadi yang Terburuk

Nggak selamanya desain seragam pramugari itu kece. Kadang kesalahan maskapai bisa bikin seragam tersebut menjadi yang terburuk di dunia. Maskapai mana saja ya?

Pramugari dan seragamnya adalah salah satu paket yang tak bisa dipisahkan. Seragam pramugari tidak hanya diperuntukkan untuk memudahkan pekerjaan mereka selama di dalam kabin pesawat. Tetapi seragam tersebut juga menjadi simbol identitas yang seharusnya terlihat menawan.

Tetapi tidak dengan seragam pramugari yang dimiliki oleh sejumlah maskapai penerbangan di bawah ini. Kesalahan pemilihan desain justru membuatnya menjadi seragam terburuk yang pernah ada. Coba lihat sendiri deh gengs mana saja seragam pramugari yang secara estetika tidak memanjakan mata penumpang di bawah ini.

1. Small Planet Airlines

Entah apa yang ada dipikiran desainer seragam pramugari maskapai yang satu ini. Alih-alih membuat seragam yang benar-benar seragam warnanya, mereka justru sok ngide dengan membuat atasan yang berbeda-beda warnanya dengan bawahan senada khahi beige.

Bukannya terlihat kreatif, seragam ini malah seperti baju untuk acara tv anak-anak ketimbang seragam seorang awak kabin professional. Tentu saja itu sangat buruk mengingat image elegan dan profesional sangat penting bagi sebuah maskapai.

Seragam pramugari terburuk yang nggak modis (flickr.com)

2. Air New Zealand

Membuat desain seragam, seorang desainer harus memperhitungkan banyak hal selain sisi estetika. Sepertu yang terjadi pada seragang Air New Zealand. Pemilihan corak di atas warna dasar ungu justru membuat seragam ini dianggap tidak menghargai simbol tradisional masyarakan suku Maori.

Seragam ini dianggap ribet dan sama sekali tidak elegan. Pemakaian simbol suku Maori juga dianggap serampangan. Padahal menurut ahli kebudayaan setempat, setiap simbol memiliki arti masing-masing yang tidak diletakkan berdampingan begitu saja. Walhasil sekarang Air New Zealand mencari desainer baru.

Seragam pramugari terburuk yang nggak modis (nzherald.co.nz)

3. Cebu Pacific

Salah pemilihan warna bagi seragam pramugari bisa sangat fatal. Contohnya yang dimiliki Cebu Pacific. Merak menggabungkan warna kuning cerah dengan bawahan jeans biru gelap. Bikin silau mata saat melihatnya. Mix and match yang dinilai tidak nyambung.

Padahal di 2016, Cebu Pasific meluncurkan seragam untuk pramugari dan pramugara mereka dengan desain yang berani, polo shirt warna oranye terang yang dipadukan dengan celana atau rok khaki. Seragam tersebut sempat jadi yang terbaik. Namun lihat yang sekarang, sedih.

Seragam pramugari terburuk yang nggak modis (preview.ph)

4. Transavia

Maskapai asal Belanda ini terhitung memiliki seragam yang tidak menarik mata. Seragam pramugari Transavia hadir dengan warna dasar hijau, warna yang disebutkan sebagai warna yang bukan paling menarik. 

Para pramugari saat bertugas, mengenakan rok warna hijau, dasi, serta rompi atau terkadang seluruh potongan outfit yang dipakai benar-benar seluruhnya hanya berwarna hijau. Hal itu terasa sangat buruk mengingat Transvia adalah maskapai penerbangan bertarif relatif rendah.

Seragam pramugari terburuk yang nggak modis (worldairroutes.com)

5. Lufthansa

Meskipun Lufthansa adalah maskapai yang sangat terkenal dan memiliki reputasi mendunia, tidak otomatis membuat seragam pramugari Lufthansa terlihat sempurna. Salah satu contohnya adalah saat mereka membuat tipe seragam yang terinspirasi dari outfit ala festival Oktoberfest. 

Meskipun seragam ini merefleksikan budaya masyarakat Bavaria, seragam ini terlihat jelek baik dari segi desain ataupun permainan warna. Nggak banget deh gengs mengingat besarnya maskapai Lufthansa.

Seragam pramugari terburuk yang nggak modis (aviationvoice.com)