Selusin Manfaat Daun Bidara Buat yang Pengen Sehat dan Cantik

Ingin menjaga kesehatan dan kecantikan simak 12 manfaat daun bidara ini. Jangan anggap remeh kandungan penyembuh rasa sakitnya.

Bidara merupakan daun dari pohon Ziziphus mauritiana. Sebutannya banyak, yaitu: widara, dara, kalangga, rangga. Buahnya enak jika langsung dimakan. Sering juga dimanfaatkan untuk sirup, campuran rujak dan salad. Yang masih muda ditumis atau direbus. 

Jika bertanya-tanya apa itu daun bidara kok bisa punya manfaat yang selusin? Daun ini punya kandungan nutrisi, antara lain: karbohidrat, gula, tiamin, ribovlavin, niacin, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin C. 

Pohon bidara di Indonesia tumbuh di wilayah yang cenderung bermusim kering. Kualitas buahnya akan sangat baik jika bisa tumbuh di lingkungan panas dan selalu terpapar matahari. 

Daun bidara di Indonesia dipercaya punya manfaat medis. Bahkan berdasarkan beberapa kepercayaan. Ia punya khasiat yang tidak bisa dijelaskan oleh sains.

Berdasar aturan pengelompokan tumbuhan, daun bidara di Indonesia masih satu genus dengan bidara arab atau bidara sidr. 

Secara ilmiah, mempunyai manfaat yang sama. Tapi, semakin hidup di tempat kering, kualitas nutrisinya akan tambah baik. 

Ini dia, manfaat daun bidara.

Source: Jualdaunmurah.

Turunkan demam

Buat redakan demam, caranya dengan remas-remas daun widara kemudian dipakai untuk mandi atau dilulurkan ke seluruh tubuh. Untuk demam yang sangat tinggi, berdasarkan resep dokter, akan memberikan obat dengan kandungan widara. 

Antibakteri menyembuhkan flu dan pilek

Nah, manfaat daun widara yang alami bisa menyembuhkan flu dan pilek. Minum saja rebusan airnya ketika terserang.

Obati sakit lambung

Kandungan tinggi senyawa antioksidan mampu mengatasi maag, kanker lambung dan tukak lambung.

Manfaat widara dapat obati penyakit lambung ini dengan cara minum air rebusannya. 

Mengatasi diabetes

Diabetes adalah sakit yang disebabkan kandungan glukosa dalam tubuh yang tidak stabil. Jika dibiarkan akan merusak keseimbangan tubuh dan terjadi komplikasi. 

Untuk mengatasi sakit kencing manis ini, minum rebusan daun. Seduh seperti menyeduh teh. Teh bidara jika diminum secara teratur dapat menstabilkan kadar gula dalam darah. 

Jamu untuk infeksi kandung kemih

Kandungan antioksidannya yang tinggi bisa membersihkan bakteri yang menyebabkan infeksi. Caranya, hanya dengan minum air rebusannya. Manfaat bisa maksimal jika ditambahkan sedikit madu.

Bagi wanita, dapat membersihkan darah haid dan nifas

Caranya dengan mandi dan keramas air yang dicampur daun bidara yang ditumbuk. Kemudian bilas tubuh hingga bersih.

Sembuhkan sariawan dan bibir kering

Sariawan dan bibir kering biasa disembuhkan dengan vitamin C. Tepat, daun bidara kandungan vitamin C-nya tinggi. Gusi berdara juga dapat disembuhkan dengan widara ini. Caranya, minum air rebusan dan rutin kumur-kumur dengan air remasan bidara. 

Buat yang ingin menghilangkan jerawat, ada caranya. 

Source: Youtube

Cegah kanker dan kista

Manfaat daun bidara efektif untuk mengobati dan mencegah penyakit pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Seperti kanker, kista, tumor. 

Tumpas jerawat dan meremajakan kulit

Buat yang punya kulit berjerawat. Tenang, manfaat widara ini akan meringankan bebanmu. Bahan alami dari rebusan air atau getah daun akan menumpas jerawat.

Daun bidara dapat membantu kulit dalam meregenerasi sel-sel baru, sehingga kulitmu yang kering, kusam dan berkerut dapat diremajakan kembali.

Segarkan dehidrasi

Agar sehat, kadar air dalam tubuh mesti seimbang. Cobalah meminum teh bidara secara rutin. Dan, jangan lupa banyak minum air putih.

Padatkan tulang keropos

Masih ingat kandungan kalsiumnya? Manfaat daun bidara ini bisa memadatkan jaringan tulang yang keropos. 

Penyakit hati atau liver akan membaik

Penyakit hati atau liver disebabkan oleh virus atau salah pola makan. Seluruh nutrisi pada bidara, akan memperbaiki kerusakan diakibatkan virus di hati. 

Mengatasi insomnia dan depresi

Aktivitas tinggi membuat rentan depresi. Daun herbal ini bermanfaat untuk menenangkan syaraf yang tegang dan menjadikan lebih rileks. Kamu bisa minum jusnya atau air rebusan. 

Source: Khasiat.