Nggak Cuma Buat Masakan, Khasiat Bawang Putih Ternyata Beragam Lho

Masih ragu sama kesaktian bawang putih? Simak dulu nih, baru komentar.

Di dunia kuliner, bawang putih memang dikenal sebagai penyedap alami untuk tiap masakan. Meski banyak yang menganggap kalau kita sering makan bawang putih bisa bikin bau badan kita tak sedap. 

Tapi tau nggak kalau ternyata bumbu dapur ini punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh hingga perawatan kecantikan. Hmm, nggak usah bertele-tele lagi, ini dia nih khasiat bawang putih yang perlu kamu tau.

1. Turunkan Risiko Kanker dan Kolesterol

Memang tak ada yang meragukan keampuhan tiap siung bawang putih untuk menurunkan risiko kolesterol tinggi dan risiko kanker. Tentu saja dengan mengkonsumsinya secara rutin, bisa dimakan mentah-mentah atau yang bentuk kapsul.

livestrong.com

2. Cegah Penyakit Jantung

Manfaat ini masih ada kaitannya dengan bagaimana bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang rendah akan membantu menormalkan tekanan darah, begitu juga jantung yang bertugas memompa darah kita.

platinumnaturals.com

3. Cegah dan Obati Flu

Gejala flu ternyata bisa disemubuhkan dengan mengkonsumsi bawang putih. Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya akan menjaga kekebalan tubuh kita. Bukan cuma flu, bawang putih juga bisa cegah masuk angin juga lho.

health.harvard.edu

4. Sehatkan Kuku-kuku Jari

Konsumsi bawang putih secara rutin juga akan menyehatkan kuku-kuku jari kita. Sebab, setiap 100 gram bawang putih mengandung 180 miligram kalsium. Kandungan ini bagus untuk kesehatan kuku kita.

youtube

5. Mengusir Nyamuk

Gara-gara baunya yang khas, agak menyengat, bukan orang atau vampir aja yang bisa pergi. Nyamuk pun bisa lari kalau mencium baunya. Caranya, gosokkan ramuan berbahan bawang putih ini agar nyamuk tak datang mengganggu.

youtube